LUMAJANG: Pantai Dampar, Permata Tersembunyi nun Molek dan Memesona

Pantai Dampar, Lumajang
Sumber :
  • infopublik.id/Ocean Eyes

Lumajang, WISATA Pantai Dampar, yang terletak di pantai Selatan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kini menjadi sorotan utama pelaku olah raga surfing dan menjadi destinasi menarik bagi wisatawan mancanegara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati (1/2/2024).

Menurut Yuli, pertemuan dengan Ketua Olahraga Ombak Indonesia, Santos, telah mengonfirmasi, bahwa Pantai Dampar menjadi incaran para peselancar.

"Pantai Dampar merupakan salah satu pantai yang saat ini sering diincar oleh pelaku olah raga surfing, ini menjadi potensi untuk dikembangkan, potensi olah raga yang menarik wisatawan dari luar negeri," ungkapnya.

Pantai Selatan Lumajang, selain memiliki potensi perikanan yang melimpah, juga menyimpan potensi pariwisata yang sangat menarik.

Yuli menjelaskan, bahwa pantai Selatan memiliki panjang sekitar 70 kilometer, bukan hanya menawarkan potensi perikanan, tetapi juga menjadi daya tarik pariwisata yang cukup bagus.

"Kita punya pantai yang indah di pantai Selatan yang panjangnya 70 kilometer, tidak hanya potensi perikanan tetapi juga menjadi potensi pariwisata yang cukup bagus. Saat ini, ada beberapa komunitas yang melakukan surfing, mereka sering melakukan surfing di daerah Yosowilangun dan di Pantai Dampar, karena gelombangnya panjang dan memenuhi untuk selancar," terang Yuli.

Dalam upayanya untuk mengembangkan olah raga surfing di Lumajang, Yuli dan KONI Lumajang sedang bekerja sama untuk mewujudkan hal tersebut.

LUMAJANG: Peselancar Asal Lumajang Sebut Pantai Dampar, Sejajar dengan World Surfing League (WSL)

Pantai Dampar, Lumajang Punya Kualitas dengan World Surfing League

Photo :
  • infopublik.id/Lumajang Sourf
Ia menekankan, Pantai Dampar, terutama dengan ombaknya, merupakan sirkuit olah raga yang indah dan dapat diakses tanpa membutuhkan investasi besar.

"Kita memiliki laut yang bagus dan memenuhi syarat untuk olah raga surfing, mungkin di awal nanti, kita akan lakukan bukan kompetisi, tetapi ekshibisi, karena menjadi potensi olah raga baru di Lumajang dan menjadi sarana untuk sport tourism sekaligus mengenalkan pantai kita yang indah, juga merubah image pantai selatan," tambahnya.
Halaman Selanjutnya
img_title