Potensi Yogyakarta Sebagai Destinasi Wellness Tourism: Perawatan Kecantikan Ala Putri Keraton

Kecantikan ala Putri Keraton
Sumber :
  • instagram darasarasvaati

Makassar, WISATA -  Trend pariwisata saat ini menuju perkembangan wellness tourism yang semakin digemari seiring dengan isu kesehatan mental yang semakin riuh terdengar. Wellness tourism termasuk wisata minat khusus yang bertujuan menjaga kebugaran tubuh wisatawan.

Mencengangkan, Inilah Daerah dengan Pelancong ke Luar Negeri Terbanyak, Beserta Destinasinya

Selain kebugaran tubuh, konsep wellness sendiri adalah pencapaian ketenangan jiwa di mana wisatawan merasa diberi perhatian penuh, disayangi, kemudian mewujud pada tujuan mengikuti wellness tourism itu sendiri yaitu perasaan sadar bahwa jiwa dan raga harus sehat dan kita harus merasa nyaman.

Pusat destinasi wellness tourism di Indonesia adalah Bali, di mana penggunaan rempah-rempah, bumbu-bumbuan dan tumbuh-tumbuhan digunakan sebagai bahan penyembuhan dan relaksasi (rejuvenate) yang bersifat holistik. Selain Bali, salah satu daerah yang memiliki potensi sebagai destinasi wellness tourism adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kota di Indonesia yang Memiliki Destinasi Wisata Terbanyak Berdasarkan Penelusuran Mesin Pencarian

Berbicara tentang DIY, pikiran kita pasti langsung tertuju pada pusat budaya Jawa yang bersumber pada Keraton Yogyakarta. Kekayaan budaya di Keraton Yogyakarta merupakan harta karun yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wellness tourism yang potensial. Salah satu sumber kekayaan yang dapat dikembangkan menjadi daya tarik wellness tourism di DIY adalah perawatan kecantikan ala putri Keraton.

Kecantikan putri Keraton bersumber dari bahan-bahan alami yang memiliki khasiat terhadap kesehatan jiwa dan raga serta kehalusan kulit para putri. Beberapa perawatan kecantikan yang dapat dikembangkan antara lain:

Denpasar Cerah Berawan Sepanjang Hari, Waspada Angin Kencang di Siang dan Malam Hari

1. Lulur

Lulur merupakan bahan-bahan alami yang dioleskan/dilulurkan merata pada tubuh dengan digosok lembut dengan tujuan untuk menciptakan perasaan rileks dan kulit yang halus bersih bercahaya. Lulur yang sering digunakan putri Jawa adalah mangir, yaitu temu giring dan kunyit yang dihaluskan. Selain mangir, beberapa bahan yang dapat dijadikan lulur yaitu kopi, bengkuang, wortel, semangka, dan alpukat.

Halaman Selanjutnya
img_title