PENAJAM PASER UTARA (PPU): Berbagai Motif Batik Khas PPU Diperkenalkan di IKN Nusantara

Batik tulis Sekar Buen
Sumber :
  • IG/sekarbuen

Penajam, WISATA – Usai mengunjungi sejumlah titik kawasan dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Linda Romali Siregar memperkenalkan sejumlah batik khas PPU dan beberapa kerajinan tangan lainnya, kepada Ketua Umum TP PKK Pusat, pada Rabu 25 Oktober 2023.

Makna Totem Rusa dan Hewan Roh dalam Shamanisme

Sejumlah batik diperkenalkan dalam berbagai motif, bentuk, yang menggambarkan berbagai motif khas masing-masing daerah yang dibuat langsung secara tradisional yang dikenal dengan batik tulis PPU.

“Di PPU yang terkenal tidak hanya batik khas rusa saja, bahkan penangkaran rusanya pun ada di PPU, selain sejumlah karya-karya tangan lainnya dan cendera mata, ada juga souvenir dan makanan-makanan khas," ucap Linda kepada Ketua Umum  TP PKK Pusat Tri Suswati Tito Karnavian, dilansir dari infopublik.id

Terima Lahan Hibah, UNISMA akan Bangun Kampus dekat IKN Nusantara dari Jenjang S1 – S2

Batik-batik yang ditampilkan dalam kunjungan TP PKK Pusat bersama TP PKK Prov. KALTIM dan TP PKK Balikpapan juga menjadi salah satu buah tangan atau oleh-oleh yang diberikan kepada para rombongan untu dibawa pulang dalam lawatannya di Kabupaten PPU dan IKN Nusantara.

Dirangkum dari berbagai sumber, batik khas PPU berasal dari Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Kabupaten PPU. Dinamai Batik Sekar Buen yang berasal dari bahasa Banjar yang berarti bunga indah. Pembuatan batik di sini menggunakan mesin canting dalam membuat motif batiknya. Dimana lebih menghemat biaya produksi dan meningkatkan kualitas batik.

KBRI Canberra Adakan Peragaan Busana dan Workshop Batik dari Lima Desainer Indonesia

ilustrasi batik tulis PPU

Photo :
  • IG/dekranasda_ppu
Halaman Selanjutnya
img_title