WISATA KULINER: Coto Kuda, Hidangan Khas Jeneponto. Rasa Mewah Mendebarkan.

Coto Kuda, rasa mewah mendebarkan
Sumber :
  • instagram wisatamakassar

Makassar, WISATA – Jika Anda berkunjung ke kota Makassar, salah satu hidangan andalan yang direkomendasikan orang pastilah Coto Makassar. Coto adalah hidangan berkuah pekat yang berisi potongan daging dan jerohan sapi. Tahukah Anda ada yang lebih mantap lagi? Tak lain dan tak bukan adalah Coto Kuda, yang asalnya dari Kabupaten Jeneponto.

Wisata Kuliner: Makan Coto Harmin di Makassar, Pilihan Menunya Aneh-Aneh.

Coto Kuda juga banyak dijual di Kota Makassar, walaupun jumlahnya tidaklah sebanyak Coto Daging Sapi. Jika ingin menikmati Coto Kuda langsung dari tempat asalnya, silakan jalan-jalan ke Kabupaten Jeneponto, kabupaten yang berjarak kurang lebih 90 kilometer dari Kota Makassar.

Kabupaten Jeneponto memang identik dengan kuda, bahkan dijuluki dengan nama Kota Kuda. Popularitasnya sebagai kota penghasil kuda menyamai Sumbawa dan Sumba. Bahkan pada tahun 2019, Sulawesi Selatan menempati urutan teratas dalam jumlah populasi kuda secara nasional yaitu mencapai 166.086 ekor diikuti NTT (109.549 ekor), dan NTB (47.300 ekor).

Sulawesi Selatan dan Rumah Sakit Baru yang Segera Beroperasi

Coto Kuda sendiri dimasak dengan bumbu-bumbu yang sama dengan coto sapi, hanya bahan utamanya adalah daging kuda. Alkisah menurut sejarah, Coto Kuda awalnya hanya disajikan untuk para Karaeng, sebutan raja atau bangsawan di wilayah Jeneponto, karena dagingnya yang empuk, mengandung banyak protein, dan kurang lemak. Rasanya mewah dan mendebarkan karena banyak orang bilang daging kuda memiliki efek menambah gairah pria.

Selain bermanfaat untuk memberantas rasa lapar, Coto Kuda juga dipercaya memiliki khasiat obat. Daging kuda merupakan obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit asma, TBC, epilepsy, menyembuhkan pegal-pegal dan linu tulang, menghidupkan gairan dan menambah kekuatan vitalitas tubuh.

BPBD Sulsel Antisipasi Dampak Bencana Hidrometeorologi di Musim Hujan

Kalau ingin mencoba Coto Kuda tapi tidak ingin jauh-jauh ke Jeneponto, berikut 3 tempat makan Coto Kuda yang bisa Anda datangi di Kota Makassar:

1. Coto Kuda dan Sapi Asuhan Daeng Lala, Jl. Balang Turungan, Paccerakkang, Kec. Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90241

Halaman Selanjutnya
img_title