LUMAJANG: Wisata Religi, Rumah dan Sumur Peninggalan Habib Sholeh untuk Menguatkan Iman

Rumah dan Sumur Peninggalan Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid
Sumber :
  • portalberita.lumajangkab.go.id

Lumajang, WISATA – Di Dusun Krajan Timur, Desa Tempeh Tengah, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ada sebuah lokasi wisata religi yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Namanya, Sumur Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid.

Tempat ini tidak hanya menjadi destinasi spiritual, tetapi juga simbol kepercayaan akan keberkahan yang diperoleh melalui wasilah para waliyullah.

Wisata religi ini menjadi sarana bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, melalui praktik tabarruk, yaitu mencari keberkahan dari Allah melalui peninggalan para wali-Nya.

Kepala Desa Tempeh Tengah, M. Mansyursah menyatakan, sumur ini adalah salah satu peninggalan Habib Sholeh saat menetap di Lumajang, sebelum melanjutkan dakwahnya ke Tanggul, Jember.

Mansyursah menambahkan., Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid merupakan seorang ulama besar dari kalangan alawiyyin, keturunan Nabi Muhammad SAW yang berasal dari Hadramaut, Yaman.

Dengan karomah yang dimilikinya, ia dikenal sebagai wali Allah yang memiliki keutamaan luar biasa.

Salah satu jejak dakwahnya adalah sumur yang kini dikenal sebagai Sumur Habib Sholeh.

"Sumur ini dipercaya sebagai sumur barokah yang airnya dapat mendatangkan manfaat bagi masyarakat, termasuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, baik medis maupun non-medis, dengan izin Allah SWT," ujar Mansyursah, Senin (14/10/2024).

Keberadaan sumur ini menjadi magnet bagi para peziarah yang berharap memperoleh kesehatan dan keberkahan.

Warga lokal maupun dari luar daerah kerap datang untuk mengambil air dari sumur tersebut.

Mereka percaya bahwa air ini mampu membawa kebaikan bagi mereka yang memiliki niat tulus.

Tak hanya sumur, di lokasi wisata religi ini juga terdapat rumah asli peninggalan Habib Sholeh saat beliau masih tinggal di Lumajang.

Setiap minggu, tempat ini ramai dengan pengunjung, terutama saat diadakannya pengajian dan sholawatan rutin.

Majelis sholawat ini diadakan setiap Sabtu malam, dengan pembacaan Sholawat Mansub Habib Sholeh, serta sholawatan pada hari Jumat Kliwon yang selalu dipadati jamaah.

"Selain menjadi tempat berziarah, lokasi ini juga menjadi pusat kegiatan religius, seperti majelis sholawat yang rutin digelar dan semakin mempererat tali silaturahmi antar jamaah," tambah Mansyursah.

Wisata religi Sumur Habib Sholeh bin Muhsin Al Hamid tidak hanya menawarkan ketenangan spiritual, tetapi juga menjadi bukti nyata penghormatan terhadap jejak para waliyullah yang telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Tempat ini bukan sekadar destinasi wisata, melainkan ruang untuk memperkuat iman dan meningkatkan rasa syukur atas anugerah Allah SWT.

(Sumber: portalberita.lumajangkab.go.id)

Onew, Yoo Jiae, Sungyeol, Kim Sowon Alami Horor Mengerikan di Teaser Film '4 minutes and 44 seconds'