YOGYAKARTA: Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) Digelar di Kawasan Tugu, Senin Malam Nanti

Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) Digelar Senin (7/10/2024)
Sumber :
  • warta.jogjakota.go.id

Yogyakarta, WISATA – Pemerintah Kota Yogyakarta kembali menggelar acara Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) pada hari Senin (7/10/2024) sore-malam nanti, di kawasan Tugu, Kota Yogyakarta.

WJNC menjadi puncak acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-268 Kota Yogyakarta.

Tahun 2024, WJNC akan menampilkan wayang bertema Gatotkaca Wirajaya.

Kegiatan WJNC menampilkan karnaval jalanan tokoh-tokoh pewayangan dari perwakilan 14 kemantren (kecamatan - red.) di Kota Yogyakarta.

WJNC kali ini yang terdari 14 kemantren akan tampil dengan tokoh-tokoh yang diangkat dari tema besar Gatotkaca Wirajaya.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Sri Arika Wahyuningsih mengatakan, jumlah penampil setiap kemantren dalam WJNC berkisar 40-50 orang.

“Persiapan dari kemantren-kemantren sudah ‘OK’. Sebelum gladi bersih, kami juga melakukan pemantauan di 14 kemantren untuk melihat dan memantau kesiapan mereka,” kata Rika, panggilan akrabnya (4/10/2024).

YOGYAKARTA: Selamat Ultah Kota Yogya, Wisatawan Kagumi Kemegahan WJNC #8

Kabid Pemasaran Pariwisata Kota Yogyakarta, Sri Arika Wahyuningsih

Photo :
  • warta.jogjakota.go.id

Beberapa tokoh wayang akan ditampilkan dari 14 kemantren di antaranya Tegalrejo dengan tokoh wayang Jabang Tetuka, Kala Pracona, Bathara Narada dan Arimbi.

YOGYAKARTA: Selamat Ultah Kota Yogya, WJNC Geliatkan Kembali Pariwisata

Kemantren Umbulharjo menampilkan Brajamusti, Brajadenta, Angkawijaya.

Kemantren Wirobrajan dengan tokoh Utari, Siti Sundari, Abimanyu, dan Jetis menampilkan Raden Sutejo dan Kresna.

Rika menyatakan seremonial dan penampilan karnaval wayang street art WJNC dari 14 kemantren dimulai pukul 19.00 WIB.

Karnaval WJNC dimulai dari Jalan Sudirman, Tugu Yogyakarta sampai Jalan Margo Utomo.

Hal yang membedakan WJNC tahun ini adalah, pada sore pukul 16.00 WIB akan ada penampilan karnaval seni dari berbagai daerah yang ikut menyemarakkan HUT ke-268 Kota Yogyakarta.

“WJNC ini sudah masuk Top 10 Karisma Event Nusantara Kemenparekraf sehingga dari berbagai daerah ikut tampil memeriahkan,” ujarnya.

Rika menambahkan, ada sekitar 7 daerah yang akan berpartisipasi dalam karnaval, sebelum acara inti WJNC antara lain Medan, Kalimantan Timur, Bandung, Ponorogo dan Sulawesi.

Karena dimulai dengan rangkaian karnaval sejak sore hari, maka penutupan lalu lintas jalan di sekitar kawasan Tugu Yogyakarta akan dimulai pukul 14.00 WIB dan sudah berkoordinasi dengan Polresta Yogyakarta dan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta.

Menurut Tim Kreatif WJNC #9, RM Kristiadi, WJNC tahun ini akan mengangkat kisah tokoh Gatotkaca yang penuh keteladanan dengan nilai-nilai kesetiaan, keberanian dan semangat ksatria mengabdi untuk negaranya.

Dalam WJNC akan ditampilkan Gatotkaca mulai dari lahir hingga kematiannya di Kurusetra saat perang Baratayudha.

“Gatotkaca itu punya keteladanan sebagai satria yang mempunyai kesetiaan terhadap dharma atau kewajiban.

Kewajibannya bertempur untuk negaranya.

WJNC menampilkan dari awal dan akhir dari tokoh Gatotkaca.

"Vehicle utama (WJNC) berupa gunung sebagai tempat lahir Gatotkaca dan vehicle kedua berupa tempat pertempuran Kurusetra, tempat berakhirnya Gatotkaca,” jelas Kristiadi.

Terkait dengan acara ini, Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta (BP2KY), Aldi Fadli Diyanto menyatakan, WJNC memang sudah menjadi event yang dimiliki masyarakat Kota Yogyakarta, dan menjadi daya tarik wisatawan ke Yogyakarta.

Terbukti  WJNC sudah masuk Top 10 Karisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

(Sumber: warta.jogjakota.go.id)

Tempat Makan Khas Vietnam yang Enak dan Estetik di Pho Ba Ba