LUMAJANG: Terobosan Baru...Museum Keliling, Menyemai Rasa Bangga terhadap Warisan Budaya Sejak Dini

Museum Keliling di Lumajang
Sumber :
  • portalberita.lumajangkab.go.id

Lumajang, WISATA – Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menyajikan program Museum Keliling.

Langkah ini dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar yang unik dan inspiratif kepada para pelajar.

Program yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu, sudah menjangkau 15 sekolah dan madrasah di lima kecamatan, di antaranya Gucialit, Kunir, Tempeh, Pasrujambe dan Pasirian.

Program ini dilaksanakan mulai 19 hingga 26 September 2024.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Dikmas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Muhammad Suhudi mengatakan, Museum Keliling merupakan bagian dari salah satu upaya pemerintah untuk mendekatkan museum kepada masyarakat.

"Museum Keliling merupakan upaya kami untuk mendekatkan museum kepada masyarakat, terutama generasi muda. Kami ingin menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap warisan sejarah dan budaya Lumajang sejak dini," ujar Suhudi, Jumat (27/9/2024).

Menurutnya, di setiap kunjungan, tim Museum Keliling tidak hanya memamerkan koleksi-koleksi bersejarah, namun juga memberikan penjelasan mendalam tentang nilai-nilai dan makna di balik setiap artefak.

"Siswa-siswi diajak berinteraksi langsung dengan benda-benda tersebut, sehingga mereka dapat merasakan sendiri denyut nadi sejarah yang mengalir di dalamnya," ungkapnya.

Museum Keliling juga menjadi panggung bagi pelajar untuk unjuk kreativitas.

Tampilan potensi seni para pelajar turut memeriahkan kegiatan sekaligus menciptakan suasana belajar yang dinamis dan menyenangkan.

"Kami ingin, anak-anak tidak hanya belajar tentang sejarah, tetapi juga terinspirasi untuk mengembangkan bakat dan kreativitas mereka," jelasnya.

Suhudi menambahkan, pihaknya akan terus berkomitmen mengembangkan program Museum Keliling sebagai upaya melestarikan sejarah dan budaya, juga untuk menumbuhkan generasi muda yang cinta akan kebudayaannya.

"Ke depannya, mereka berencana untuk menambah jumlah koleksi yang dipamerkan, memperluas jangkauan kunjungan, serta melibatkan lebih banyak pihak dalam kegiatan ini," imbuhnya.

(Sumber: portalberita.lumajangkab.go.id)

LUMAJANG: Kenalan Sama Pisang Mas Kirana, yang Jadi Produk Unggulan di Ajang OCOP