YOGYAKARTA: Jogja Spoor Festival Tawarkan Alternatif Wisata Baru yang Kreatif

Jogja Spoor Festival 2024 di Balai Yasa Yogyakarta
Sumber :
  • warta.jogjakota.go.id

Yogyakarta, WISATA – 5.000 warga berbondong-bondong mengunjungi event Jogja Spoor Festival 2024 di UPT Balai Yasa Yogyakarta, pada hari Sabtu (21/9/2024).

Mereka tampak antusias menikmati rangkaian acara yang disajikan.

Berbagai kegiatan, mulai dari seni budaya, tur KRD (kereta rel diesel) hingga tur workshop melihat lini kerja para pekerja di Balai Yasa Yogyakarta.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Yogyakarta, Kadri Renggono memberikan apresiasi karena telah memberikan suguhan hiburan yang berbeda di Kota Yogyakarta.

Pihaknya berharap, kegiatan Jogja Spoor Festival 2024 ini dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya, dengan tema-tema yang semakin menarik dan beragam, serta meningkat juga jumlah pengunjung dan berbagai aktivitas wisata kreatif yang ditawarkan.

“Alhamdulilah, hari ini masyarakat bisa melakukan wisata edukasi dipadukan dengan rekreasi keluarga. Acara ini sebagai salah satu agenda acara yang memeriahkan Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata menarik di Indonesia,” ujar Kadri.

Menurutnya, Jogja Spoor Festival 2024 mampu mendatangkan lebih banyak wisatawan pengunjung dari luar kota.

Dengan acara yang melibatkan banyak UMKM dan ekosistem kreatif di Kota Yogyakarta, dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat serta sebagai titik ungkit pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Executive Vice President Balai Yasa Yogyakarta, Faizal Muhadi menambahkan, agenda Jogja Spoor Festival 2024 yakni tour kereta api diesel, rail library, lomba mewarnai, mini bioskop, lomba desain livery lokomotif.

Ada juga lomba mural, workshop tour rail clinic, pentas seni budaya, dan bazar ekonomi kreatif.

Faizal berharap, even ini bisa memberikan atraksi baru bagi wisatawan, sehingga mereka tidak hanya sekadar jalan-jalan, tapi juga merasakan pengalaman yang berkesan.

"Ini sudah kedua kalinya kami berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata. Semoga ke depan bisa diadakan rutin setiap tahun," ungkap Faizal.

Di Jogja Spoor Festival 2024, pengunjung juga dapat menikmati 53 tenant yang diisi oleh perwakilan destinasi wisata, ekonomi kreatif dari Kelurahan Demangan, hingga jajanan yang sudah menjadi ciri khas Jalan Kusbini, seperti es doger, batagor, dan angkringan.

“Jogja Spoor Festival 2024 sangat keren. Sudah dari 2 minggu yang lalu kita mencari tiket biar bisa mengikuti seluruh rangkaian acaranya,” ujar Nifrotul Navaza, pengunjung asal Kendal, Jawa Tengah.

(Sumber: warta.jogjakota.go.id)

Menjelang Pelantikan Presiden Terpilih, Inilah Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini