PURWOREJO: (Bagian-1) 5 Lokasi Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Sejuk, Tenang, Ayem dan Memesona

Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2024
Sumber :
  • purworejokab.go.id

Purworejo, WISATA – Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah terletak pada posisi 109o 47’ 28” - 110o 08’ 20” Bujur Timur, 7o 32’ Lintang Selatan.

Secara topografis merupakan wilayah beriklim tropis basah dengan suhu antara 19C-28C, sedangkan kelembapan udara antara 70 %-90% dan curah hujan tertinggi pada bulan Desember 311 mm dan bulan Maret 289 mm.

Sungai-sungai yang ada di Kabupaten Purworejo, antara lain sungai Wawer/Kali Medono, sungai Bogowonto, sungai Jali, sungai Gebang, sungai Bedono, sungai Kedunggupit, sungai Kodil, dan sungai Kalimeneng berhulu di pegunungan Serayu Selatan.

Sedangkan sungai Jebol, sungai Ngemnan, sungai Dulang dan sungai Kaligesing berhulu di pegunungan Menoreh.

Gunung-gunung yang ada di Kabupaten Purworejo diantaranya Gunung Pupur Gunung Mentosari (1.059 m), Gunung Rawacacing (1.035 m), dan Gunung Gambarjaran (1.035 m) di pegunungan Serayu Selatan.

Sedangkan di pegunungan Menoreh Terdapat Gunung Gepak (859 m) dan Gunung  Ayamayam (1.022 m).

Kabupaten Purworejo memiliki beragam lokasi wisata alam yang tersebar di berbagai wilayah.

Berikut, 5 destinasi lokasi wisata alam di Purworejo:

1. Pantai Ketawang

PURWOREJO: (Bagian-2) Lokasi Wisata Alam yang Layak Dikunjungi, Sejuk, Tenang, Ayem dan Memesona

Pantai Ketawang

Photo :
  • visitjawatengah.jatengprov.go.id

Pantai Ketawang di Ketawangrejo, Purworejo, Jawa Tengah merupakan lokasi tempat wisata yang memesona karena keindahan yang tidak ada duanya.

Penduduk lokal daerah wisata Pantai Ketawang juga sangat ramah tamah kepada para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Pantai Ketawang mempunyai pasir hitam, yang keindahannya, tidak kalah dengan pantai yang berpasir putih.

Dari pantai Ketawang, wisatawan bisa melihat pegunungan Ewu dan Menoreh di sebelah Timur dan karst Gombong di sebelah Barat, serta mercusuar yang terletak di tengah rawa-rawa yang sudah dimanfaatkan sebagai kolam ikan dan lahan bercorak taman.

2. Pantai Keburuhan

PURWOREJO: Gelar Desa Wisata Jateng 2024 Hingga Minggu (15/9/2024), Warga Padati Pameran

Pantai Keburuhan

Photo :
  • purworejokab.go.id

Pantai Keburuhan berada di Desa Keburuhan, sebagai salah satu desa di Pemkab Purworejo, Jawa Tengah telah mendapatkan dana dari pemerintah melalui program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pengembangan pariwisata.

Mereka pun melakukan penataan dan pembenahan terhadap semua aset dan potensi yang ada, seperti infrastruktur maupun sumber daya manusia.

Desa wisata merupakan suatu bentuk pariwisata yang memanfaatkan alam pedesaan sebagai daya tarik wisata dan masyarakat sebagai objek dari pariwisata tersebut.

Potensi pedesaan Keburuhan tersebut bisa berupa potensi alam dan budaya.

3. Gunung Kunir

GEMPA MEGATHRUST: Pemprov Jateng Keluarkan Surat Edaran Waspada, Tetap Siaga Ya..

Gunung Kunir

Photo :
  • purworejokab.go.id

Gunung Kunir atau Bukit Kunir adalah bagian dari jajaran pegunungan Menoreh, yang terletak di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Di atas Gunung Kunir, wisatawan dapat melihat panorama yang indah dari ketinggian sekitar 950 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Wisatawan juga bisa melihat pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, serta pegunungan Dieng yang ada di Wonosobo.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati indahnya Golden Sunrise pada pagi hari dari puncaknya.

4. Curug Gunung Putri

Halaman Selanjutnya
img_title