GEMPA MEGATHRUST: Pemprov Jateng Keluarkan Surat Edaran Waspada, Tetap Siaga Ya..

Ancaman Megathrust
Sumber :
  • Antara

Jakarta, WISATAPemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mengeluarkan surat edaran tentang langkah dan upaya kesiapsiagaan seluruh instansi dan masyarakat, terkait ancaman megathrust karena ancaman tersebut berpotensi gempa dan tsunami.

Surat Edaran Nomor 360.0/2094 tertanggal 28 Agustus 2024 itu, ditandatangani Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno.

Surat itu untuk merespon informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait zona megathrust di Indonesia.

“Kita sudah melakukan mitigasi. Setelah mendapat info dari BMKG, kita langsung membuat surat edaran ke kabupaten/ kota, agar melakukan mitigasi,"ujar Sekda Sumarno, usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Jateng, Jumat (30/8/2024).

Selain melakukan mitigasi bencana, Sumarno berharap, seluruh masyarakat berdoa, agar ancaman bencana gempa dan tsunami tidak terjadi, terutama masyarakat di sejumlah daerah di Jateng yang berhadapan langsung dengan zona megatrust, seperti Kabupaten Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Wonogiri.

GEMPA MEGATHRUST: Antisipasi Megathrust, Warga di Cilacap Latihan Evakuasi

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno

Photo :
  • jatengprov.go.id
“Antisipasi tetap kita lakukan. Harapan kami, itu (gempa dan tsunami) tidak terjadi, kalau toh terjadi, kita ada kesiapansiagaan untuk antisipasi,” harap Sumarno.

Ia menambahkan, beberapa imbauan yang disarankan melalui surat edaran tersebut, antara lain mengintruksikan kepada seluruh instansi dan warga untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan terjadi bencana akibat adanya seismic gap, terutama di wilayah zona megathrust Pantai Selatan Jawa Tengah.
Halaman Selanjutnya
img_title