YOGYAKARTA: Jatimulyo Gelar Soft Opening Potensi Wisata Baru, Kali Oyo, Banyuurip, Bantul

Soft Opening Destinasi Wisata Baru di Kali Oyo, Bantul
Sumber :
  • bantulkab.go.id

Yogyakarta, WISATA Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar soft opening destinasi wisata baru di Kali Oyo, Banyuurip, pada hari Sabtu (3/8/2024).

Selain sebagai daya tarik pariwisata di Bantul, wisata baru ini diharapkan juga dapat memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata - red.) Jatimulyo, Nanang Sutrisna menyatakan, Kelurahan Jatimulyo memiliki sejumlah potensi yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Destinasi ini menawarkan berbagai potensi wisata yang menarik, seperti wisata air perahu karet dan ban, wisata edukasi kelapa kopyor hingga wisata religi dan sejarah napak tilas petilasan Ki Cokro Joyo.

“Jatimulyo memiliki kekayaan kesenian, produk desa, serta wisata alam seperti Randusari dan Kali Oyo. Kami juga memiliki wisata edukasi kelapa kopyor. Harapannya dapat mengedukasi warga Jatimulyo mempunyai produk kelapa kopyor unggulan desa preneur, kemudian wisata religi napak tilas Ki Cokro Joyo peninggalan sejarah, ini nantinya akan dikembangkan menjadi paket wisata,” terang Nanang.

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo menyambut baik kehadiran destinasi wisata baru di Jatimulyo ini.

Ia optimis dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh Jatimulyo ini, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Potensi alam di sini sangat bagus, Pemkab bersama kalurahan (kelurahan) dan kapanewon (kecamatan) berkeinginan, ke depan, tempat wisata ini harus populer karena alamnya bagus, ada peninggalan sejarah dan didukung komunitas seni budaya di Jatimulyo,” tutur Joko.

Dalam perencanaan ke depan, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul telah menyusun masterplan yang melibatkan sinergi antara wisata Watu Lumpang, Banyuurip dan Kali Oyo.

Pemkab Bantul bersama masyarakat berkomitmen untuk memaksimalkan potensi yang ada dan memastikan potensi wisata Jatimulyo ini dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat sekitar.

“Saya optimis karena ini alamnya bagus dan didukung oleh potensi masyarakat yang luar biasa. Dinas Pariwisata kita sudah mengambil satu langkah, masterplan ini sudah kita diskusikan untuk bersama bersinergi mendukung wisata Watu Lumpang, Banyuurip dan Kali Oyo,” imbuh Joko.

Soft Opening Potensi Wisata Jatimulyo dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2024.

Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti pertunjukan seni, bazar produk lokal hingga senam sehat.

Hal ini bertujuan untuk mengenalkan kekayaan budaya dan potensi ekonomi kreatif yang ada di daerah tersebut.

(Sumber: bantulkab.go.id)

YOGYAKARTA: Unik, Kecamatan Sedayu Gelar Festival Flashmob untuk Siswa Sekolah