Mengenal Lais – Sebuah Kesenian Ekstrem dari Garut, Jawa Barat yang Hampir Punah

Kesenian Lais
Sumber :
  • IG/bapenda.djabar

BUDAYA, WISATA – Indonesia adalah gudangnya kesenian dan budaya. Hal ini terjadi karena adanya ribuan suku dan ratusan kelompok etnis disertai dengan kesenian daerah dan budayanya masing-masing. Salah satu kesenian yang sudah sangat langka adalah Lais, sebuah kesenian ekstrem dari Jawa Barat yang hampir punah.

Pemakaman Peti Mati Gantung Masyarakat Igorot yang Menarik di Sagada, Filipina

 

Dilansir dari instagram @disparbudjabar dan @senirupa, Lais adalah salah satu bentuk seni tradisional yang berasal dari Garut, Jawa Barat, Indonesia. Nama Lais itu sendiri sejarahnya adalah berasal dari nama seorang pemanjat kelapa yang bernama Laisan. Yang berasal dari kampung Nangka Pait, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Jawa Barat.  Laisan sangat terampil memanjat pohon kelapa. Dan berkat keahliannya tersebut, setiap memanjat pohon dan memetik kelapa selalu menjadi tontonan tetangga dan masyarakat sekitarnya. Karena kebiasaan inilah para tokoh kesenian di daerah tersebut kemudian meminta agar ketrampilan ini dimodifikasi untuk menjadi sebuah pertunjukan yang dipentaskan di depan khalayak ramai.

Suku Mentawai Salah Satu Suku Tertua di Indonesia dengan Jejak Sejarah yang Panjang

 

Seni Lais

Photo :
  • IG/bukusenirupa
INFO HAJI 2024: Innalillahi, Jemaah Haji Asal Garut Wafat di Madinah, Akan Dibadalhajikan

Atraksi Lais ini adalah atraksi ekstrem semacam akrobat yang dimainkan dengan menggunakan 2 batang bambu setinggi  12 sampai 13 meter. Ditanam diatas permukaan tanah, dan dihubungkan dengan seutas tali tambang sepanjang 6 meter.  Kegiatan akrobat dilakukan oleh pemain Lais diatas tali tersebut. Gerakan yang dilakukan adalah gerakan berjalan diatas tali, tiduran, bersantai, berayun-ayun, bergelantungan dengan kaki, hingga membelah kelapa menggunakan golok, semua dilakukan diatas tali tanpa menggunakan alat pengaman. Pemain Lais umumnya melakukan aktifitas ekstrim tersebut dengan tenang, tanpa memperlihatkan wajah takut sama sekali. Tidak ada teknik khusus dalam berkesenian Lais, yang diperlukan hanya keberanian tingkat tinggi.  

Seni Lais ini dilakukan dengan diiringi tabuhan reog dan seni pencak silat. Jumlah pengiring seni Lais biasanya 8 orang, yang terdiri dari pemegang dogdog 4 orang, seorang pemain lawak, dan sisanya memainkan terompet.

Halaman Selanjutnya
img_title