BOYOLALI: Pemkab Boyolali Gelar Festival Thek Thek 2024, 8-10 Agustus 2024

Kepala Diskominfo Kabupaten Boyolali, Bony Facio Bandung
Sumber :
  • boyolali.go.id

Boyolali, WISATA – Pemerintah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bekerja sama dengan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Boyolali akan menggelar Festival Thek Thek Boyolali 2024.

Festival Thek Thek Boyolali 2024 ini akan digelar di Gelanggang Anuraga pada hari Kamis-Sabtu (8-10/8/2024) dengan total hadiah uang puluhan juta rupiah.

Kepala Diskominfo Kabupaten Boyolali, Bony Facio Bandung menjelaskan, pendaftaran dibuka mulai tanggal 3-31 Juli 2024 untuk umum.

Mengambil tema "Mentradisikan Boyolali Kaya Cerita", para peserta Festival Thek Thek dapat berkreasi melalui bunyi yang dihasilkan oleh alat musik yang berasal dari kayu dan bambu.

“Syaratnya untuk ikut, yang pertama adalah warga Boyolali, dibuktikan dengan KTP Boyolali. Alat musiknya berbahan bambu dan kayu,” jelas Bony pada Kamis (4/7/2024).

Bony menambahkan, pementasan musik juga bisa dikreasikan dengan kesenian rakyat lain seperti teater dan musik yang dikemas dalam seni Thek Thek dengan unsur lakon, gerak, musik, dan drama.

Peserta juga wajib menambahkan unsur sosialisasi Gempur Rokok Ilegal dan dapat dilakukan secara berkelompok.

Peserta diwajibkan membawakan cerita yang ditulis dalam Buku Boyolali Kaya Cerita.

Sumber bacaan bisa dilihat di Digital Library Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Boyolali https://remenmaos.boyolali.go.id dan bit.ly/bkc2024new atau dapat dibaca di Perpustakaan Daerah Kabupaten Boyolali.

Durasi karya maksimal 25 menit, sesuai yang tertera di petunjuk teknis yang dapat dilihat di www.bit.ly/juknisthekthek2024.

"Kegiatan tersebut memang betul-betul menggali seni tradisional di Boyolali. Dan kami sudah rutin mengadakan tiap tahun," kata dia.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat sukses digelar dan mampu mengorbitkan juara baru.

Nantinya, kelompok yang sudah pernah menang juara I-III tidak diperbolehkan mendaftar untuk menemukan juara baru.

"Nantinya per kecamatan bisa memiliki satu wakil sehingga minimal terdapat 22 peserta, sehingga dalam satu kecamatan bisa lebih dari dua perwakilan. Dengan digelarnya Festival Thek Thek Boyolali 2024 maka musik tradisional tetap dihidupkan dan tidak kalah dengan budaya Barat," ungkapnya.

Bony juga berharap, terdapat sosialisasi terkait rokok ilegal di acara tersebut dan bahayanya.

Gelarang ini akan memperebutkan berbagai hadiah, yaitu juara I Rp10 juta dengan piala bergilir.

Lalu, juara II Rp7,5 juta, juara II Rp5 juta.

Kemudian, juara harapan I Rp3,5 juta, juara harapan II Rp3 juta, juara harapan III Rp2,5 juta, favorit I Rp2 juta, favorit II Rp1,5 juta, favorit III Rp1 juta.

Info pendaftaran lebih lanjut, masyarakat bisa datang ke kantor Diskominfo Boyolali atau menghubungi Zaky di nomor 0895424008910.

(Sumber: boyolali.go.id)

KLATEN: 72 Industri Kecil Meriahkan Festival IKM Klaten 2024, Gelar Produk Unggulan 4-6 Juli 2024