Desak Made Rita, Srikandi Panjat Tebing Indonesia yang mendapat Tiket Olimpiade Paris 2024

Desak Made Rita
Sumber :
  • IG/desakmaderita01

WISATA – Desak Made Rita Kusuma Dewi adalah seorang atlet panjat tebing Indonesia yang telah meraih banyak prestasi di kancah nasional dan internasional. Ia berasal dari Buleleng, Bali, dan mulai tertarik dengan olahraga ini sejak kecil. Ia telah mengikuti berbagai kejuaraan panjat tebing, baik di dalam maupun luar negeri, dan berhasil menunjukkan kemampuan dan bakatnya. Ayah Desak bernama I Dewa Putu Sekar dan ibunya bernama Jro Komang Sari Artini. Mereka tinggal di Banjar Anyar, Desa Sambangan, Buleleng.  Awalnya, ayahnya tidak merestui Desak Rita menjadi atlet panjat tebing karena khawatir dengan keselamatan dan masa depannya. Namun setelah melihat prestasi dan bakatnya, akhirnya memberikan dukungan penuh untuk Desak.

PSSI Ungkap Hal Mengejutkan Terkait Kontrak Shin Tae-yong Setelah Gagal Lolos ke Olimpiade

Desak Made Rita

Photo :
  • IG/desakmaderita01

Berbagai sumber menyebutkan bahwa salah satu prestasi terbesar Desak Made Rita Kusuma Dewi adalah meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023 yang berlangsung di Bern, Swiss, pada 11 Agustus 2023. Desak Made berhasil mengalahkan Emma Hunt dari Amerika Serikat dengan catatan waktu 6.49 detik di nomor speed putri. Ini merupakan kali pertama ia meraih medali emas di kejuaraan International federation of Sport Climbing (IFSC) yaitu federasi internasional untuk olahraga panjat tebing. Bersama-sama dengan Desak Made juga ikut bertanding atlet panjat tebing Indonesia lainnya di kategori speed putri yaitu Rajiah Salsabillah Nurul Iqamah.

JELANG LAWAN GUINEA, Tiba di Paris, Garuda Muda Langsung Adaptasi Cuaca Prancis yang Agak Dingin

Tidak hanya itu, Desak Made juga menjadi atlet panjat tebing Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Ia mendapatkan tiket olimpiade setelah menempati posisi pertama di kualifikasi olimpiade zona Asia yang digelar bersamaan dengan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing. Desak Made berhasil mengalahkan Deng Lijuan dari China dan Alesandra Miroslaw dari Polandia, yang merupakan atlet-atlet panjat tebing terbaik di dunia.

Desak Made Rita

Photo :
  • IG/olympics
Halaman Selanjutnya
img_title
Sedih, Begini Ungkapan Shin Tae-yong Setelah Timnas Indonesia U-23 Gilas Korea Selatan