Mumi Tuli: Penemuan Luar Biasa dari Mumi Kuno Terbesar yang Pernah Ditemukan di Botswana

Mumi Tuli
Sumber :
  • Facebook/Archaeologynewsnetwork

Malang, WISATA – Proses mumifikasi sudah dikenal dan dipraktikkan oleh banyak peradaban kuno. Berbagai teknik mumifikasi digunakan dan masyarakat zaman dahulu ingin mengawetkan jenazah karena berbagai alasan, bergantung pada keyakinan agama mereka. 

Pohon Juniper dalam Mitologi dan Kepercayaan Rakyat

Mumi purba telah ditemukan di beberapa belahan dunia, namun ada juga tempat di mana kita hampir tidak pernah menjumpai tubuh mumi purba.

Salah satu tempat tersebut adalah Afrika Selatan di mana ribuan kuburan manusia dari zaman Holosen hingga saat ini telah dilaporkan, namun hanya segelintir dari mereka yang menjadi mumi. 

Bagaimana Peradaban Kuno Mesir Dibangun dengan Keajaiban Tenaga Manusia

Di Botswana, sejauh ini hanya satu tubuh mumi manusia yang ditemukan. Ditemukan secara kebetulan, tubuh kuno tersebut diberi nama Mumi Tuli. Mumi Tuli ditemukan sendirian di kuburan dangkal di dasar Batuan Garis Potong. 

Proses mumifikasi dapat terjadi secara alami atau melalui pembalseman tubuh yang disengaja. Dalam kasus ini, para peneliti dengan cepat dapat mengetahui bahwa sisa-sisa Tuli tidak sengaja dijadikan mumi. Tubuhnya menjadi mumi secara tidak sengaja. 

Suku Papua Merawat Mumi Berusia 250 Tahun untuk Melestarikan Ritual Kuno

Kondisi kering menyebabkan sisa-sisa mengering atau mengalami pengeringan. Hal ini berkontribusi pada mumifikasi atau pelestarian jaringan lunak seperti kulit dan tendon. 

Ketika para ilmuwan melakukan pemindaian CT (computerized tomography) dan analisis DNA pada sisa-sisa Tuli, mereka dapat mengungkapkan bahwa tubuh tersebut adalah milik seorang pria kulit hitam yang berusia lebih dari 50 tahun ketika dia meninggal. Ia hidup pada Zaman Besi atau lebih khusus lagi Zaman Besi Akhir, dan menderita penyakit degeneratif, terutama pada tulang belakang. 

Halaman Selanjutnya
img_title