Ilmuwan GSI Temukan Tulang Dinosaurus Berusia 100 Juta Tahun di India

Kerangka Sauropoda
  • Facebook/Archaeologynewsnetwork

Malang, WISATA – Para peneliti telah mengidentifikasi fragmen tulang fosil dinosaurus berleher panjang yang disebut sauropoda, berumur sekitar 100 juta tahun dari daerah sekitar Distrik Perbukitan Khasi Barat di Meghalaya

Studi tentang Dinosaurus Dianggap Menantang Aturan Bergmann

Temuan yang belum dipublikasikan ini dibuat selama kunjungan lapangan baru-baru ini oleh para peneliti dari divisi Paleontologi Survei Geologi India di Timur Laut. Para peneliti Global System Integrator (GSI) mencatat bahwa ini adalah catatan pertama sauropoda yang kemungkinan berasal dari Titanosaurian yang ditemukan di wilayah tersebut.

Sauropoda memiliki leher yang sangat panjang, ekor yang panjang, kepala yang kecil dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, dan empat kaki yang tebal seperti pilar. Mereka terkenal karena ukuran besar yang dimiliki beberapa spesies, dan kelompok ini termasuk hewan terbesar yang pernah hidup di darat.

Fosil Kaki Dinosaurus yang Terkoyak Akibat Dampak Asteroid Bencana Ditemukan di Meksiko

Temuan ini menjadikan Meghalaya negara bagian kelima di India setelah Gujarat, Madhya Pradesh, Maharashtra, dan Tamil Nadu dan satu-satunya negara bagian di Timur Laut yang melaporkan tulang Sauropoda memiliki kesamaan dengan titanosaurus, kata mereka.

Titanosaurus adalah kelompok dinosaurus sauropoda yang beragam, termasuk genera dari Afrika, Asia, Amerika Selatan, Amerika Utara, Eropa, Australia, dan Antartika.

Jejak Dinosaurus Berusia 166 Juta Tahun Ditemukan di Inggris

“Tulang dinosaurus dari Meghalaya dilaporkan oleh GSI pada tahun 2001 tetapi tulang-tulang tersebut terlalu terpisah-pisah dan tidak terpelihara dengan baik untuk memahami identifikasi taksonominya,” kata Arindam Roy, Ahli Geologi Senior, Divisi Paleontologi, GSI. “Penemuan tulang belulang saat ini terjadi pada saat penelitian lapangan pada tahun 2019-2020 dan 2020-21. Kunjungan terakhir tim ini adalah pada Februari 2021. Fosil-fosil tersebut diperkirakan berasal dari Kapur Akhir, sekitar 100 juta tahun yang lalu.”

Dia mencatat bahwa fosil yang paling terpelihara adalah tulang ekstremitas, menambahkan jenis kelengkungan, perkembangan tepi lateral dan proksimal dari tulang yang diawetkan sebagian menunjukkan bahwa itu adalah tulang humerus.