Ilmuwan Menemukan Hampir 100 Sarang Dinosaurus di Tempat Penetasan Fosil

Titanosaurus, Ilustrasi
  • Instagram/dino_drawings

Malang, WISATA – Ahli paleontologi di India tengah telah menemukan 92 sarang dinosaurus yang diawetkan dan 256 telur di tempat penetasan fosil yang luas. Selama periode Kapur Akhir, tempat berkembang biak ini milik titanosaurus berekor panjang dan berleher panjang.

Fosil Dinosaurus Muncul dari Pasir Minyak Alberta, Kanada

Dikombinasikan dengan situs lain yang sebelumnya ditemukan di dekatnya, kumpulan sarang fosil ini menjadi salah satu tempat penetasan dinosaurus terbesar di dunia yang diketahui.

“Koloni bersarang seperti itu akan menjadi pemandangan yang dapat dilihat pada masa Kapur,” kata Darla Zelenitsky, ahli paleobiologi dinosaurus di Universitas Calgary di Kanada yang tidak terlibat dalam penelitian ini. “Pemandangannya pasti dipenuhi oleh sejumlah besar sarang dinosaurus berukuran besar.”

Mengenal Fosil Trilobita yang Mengungkap Teori Evolusi dan Masa Lalu Bumi

Para peneliti mempelajari sarang-sarang ini dari tahun 2017 hingga 2020 dan mempublikasikan temuan mereka di jurnal PLOS ONE, mengungkap wawasan tentang kebiasaan reproduksi dinosaurus

Sekitar 40 spesies titanosaurus, sejenis sauropoda herbivora, diketahui pernah hidup dan beberapa di antaranya kemungkinan besar menggunakan tempat penetasan ini. Para peneliti menemukan bukti adanya enam spesies—atau jenis dinosaurus—di situs tersebut.

Fosil Bayi Dinosaurus Berusia 70 Juta Tahun Ditemukan di Cina

Dengan banyaknya sarang yang berdekatan, akan sulit bagi reptil berukuran besar ini mengakses lokasi tersebut untuk mengerami telur atau memberi makan tukik. Kemungkinan besar tidak mampu melangkah dengan hati-hati melalui tempat penetasan tanpa menghancurkan telur di bawah kaki mereka, titanosaurus mungkin adalah orang tua yang lepas tangan.