Manfaat Kurma - Buah yang Dianjurkan Dikonsumsi saat Sahur dan Berbuka Puasa

Kurma
Sumber :
  • pixabay

Wisata – Buah kurma memiliki keutamaan khusus dalam Islam, terutama saat berpuasa. Kurma juga mudah kita dapatkan dimanapun.  Kurma merupakan salah satu buah yang bisa dibilang wajib dihidangkan dalam kita berbuka puasa. 

RESEP: Cake Kurma yang Lembut dan Harum, Cocok untuk Hidangan Lebaran

Bukan hanya di Indonesia, namun orang-orang dari seluruh dunia memakan kurma saat berbuka puasa, terutama semua negara yang menjadi penghasil kurma. Jadi, kenapa kurma menjadi makanan buah yang wajib dihidangkan dalam berbuka puasa? Berikut adalah beberapa manfaat dan anjuran terkait mengonsumsi kurma selama bulan puasa,

Pohon Kurma merupakan tumbuhan yang paling banyak disebutkan di dalam al-Qur’an. Dalam kitab Mu’jam Al-Mufahras li Al-Fazhil Qur’an, ‘Abd al-Baqi menjelaskan bahwa dalam al-Qur’an kurma dimuat sebanyak 20 kali dalam 16 surat (al-Baqi, 1999: 690). Maka dapat disimpulkan bahwa kurma adalah buah yang special dalam agama islam dan terdapatan beberapa keutamaan. Salah satu keutamaan memakan buah kurma dalam bulan Ramadhan adalah meniru Sunnah Rasulullah SAW karena Nabi Muhammad SAW dikatakan mengawali buka puasanya dengan tiga kurma dan air. Jadi meskipun tidak wajib, praktik ini lebih disukai karena dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Realme C51s Turun Harga: Smartphone Entry-Level, Desain dan Kamera Canggih, Kini Lebih Terjangkau

Buah Kurma

Photo :
  • pixabay

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition manfaat mengonsumsi buah kurma adalah bisa membantu mendapatkan kembali energi yang telah hilang selama beraktivitas, kurma adalah sumber energi yang baik.

Duh, Syahrul Yasin Limpo Disebut Memeras Ditjen Perkebunan Rp317 Juta untuk Biaya Pribadi

Manfaat lain dari buah kurma adalah mengontrol kadar gula darah. Saat kita berbuka puasa, perubahan kadar gula darah menjadi sangat riskan. Maka diperlukan makanan yang bisa menahan naiknya kadar gula darah kita Salah satu jenis makanan yang bisa menjadi pilihan adalah kurma. Meski memiliki rasa yang manis, kurma tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak. Justru, kandungan serat yang ada pada buah kurma ternyata bisa membantu mencegah kadar gula darah meningkat drastis. Kurma juga bisa membantu mengontrol gula darah, karena memiliki indeks glikemik yang rendah.

Halaman Selanjutnya
img_title