Pendidikan Untuk Calon Ibu dan Ayah: Persiapan Fisik dan Mental Hadapi Kehamilan

Dukungan calon ayah penting dalam menghadapi kehamilan
Sumber :
  • pexels/Gustavo Fring

Makassar, WISATAKehamilan merupakan peristiwa alamiah sekaligus luar biasa yang selalu disyukuri oleh pasangan suami istri. Walaupun alamiah, namun tidak boleh dianggap biasa-biasa saja dan harus dipersiapkan dengan matang karena ini menyangkut kesehatan calon ibu dan bayinya. Persiapan fisik dan mental perlu diperhatikan oleh calon ibu dan ayah. Tentu saja walaupun yang hamil adalah calon ibu, peran ayah tidak boleh disepelekan dalam hal ini karena merupakan support system yang paling utama bagi ibu hamil.

Tebak, di Antara Pasangan Suami Istri Siapa yang Mudah Cemburu?

Yang harus diperhatikankan oleh calon ibu dan calon ayah terkait kehamilan antara lain:

1. Perubahan fisik

YOGYAKARTA: Geopark Night Specta 06 Tahun 2024 Resmi Dibuka, Berlangsung 28-29 Juni 2024 Hari Ini

Dengan berkembangnya janin di dalam rahim, tentu akan terjadi perubahan fisik secara perlahan-lahan. Adanya janin juga membuat calon ibu cepat lapar dan biasanya akan makan lebih banyak. Hal ini akan menaikkan berat badan namun tidak usah dikhawatirkan karena bentuk badan Anda akan kembali normal usai bayi lahir. Fokus saja dengan kehamilan, karena ibu hamil yang gemuk itu terlihat cantik. Tetap konsultasi dengan dokter atau bidan, jangan sampai Anda overweight.

2. Waktu dan perubahan psikologis

Pengumuman Kehamilan Meghan Markle Memicu Keretakan Kerajaan

Kehamilan memakan waktu yang cukup panjang yaitu normally 9 bulan 10 hari, bisa kurang atau lebih. Selain perubahan fisik, dalam jangka waktu tersebut akan ada perubahan mental dari calon ibu apakah sering merasa sedih atau sebaliknya dan perasaan yang berubah-ubah. Bahkan perkataan orang sekitar akan dapat mempengaruhi perubahan mood sang calon ibu yang tentu dapat mempengaruhi janin. Jauhkan calon ibu dari pergaulan toksik di antara tetangga bahkan mungkin anggota keluarga. 

Calon ibu juga akan merasa kepayahan sepanjang hari terutama jika usia kehamilan sudah mencapai trimester ketiga. Pada saat ini dibutuhkan dukungan calon ayah untuk selalu memberi semangat dan bantuan serta kasih sayang yang lebih melebihi ketika istri sedang tidak hamil.

Halaman Selanjutnya
img_title