RELIGI: Hati-Hati, Ustaz Adi Hidayat Bilang Jika Banyak Cicak di Rumah, Itu Pertanda Buruk

Ustaz Adi Hidayat
Sumber :
  • tvonenews.com

Jakarta, WISATA – Hewan merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah SWT yang memiliki tujuan dan manfaat, karena hewan diciptakan untuk menyeimbangkan alam di bumi.

Ustaz Adi Hidayat menerangkan dari hadits Muslim 2238 riwayat Sa’ad Bin Abi Waqqas dan hadits Bukhari 3359 riwayat Ummu Syarik, bahwa Allah SWT menciptakan makhluk pasti memiliki hikmahnya.

Ia menjelaskan, ada tiga hikmah dan tujuan dari diciptakannya makhluk-makhluk.

Pertama, untuk ujian kemaslahatan, diciptakan sebuah makhluk untuk diambil kebaikannya saja.

Seperti lebah yang dapat menghasilkan madu. “Lebah yang diambil madunya. Dalam hal ini, lebah menjalankan tugasnya dari Allah SWT untuk kehidupan. Begitu hakikat lebah diciptakan,” jelas Ustaz Adi Hidayat, dikutip Sabtu (9/3/2024).

Kedua, sebuah makhluk diciptakan untuk ujian dan terdapat mudharat untuk manusia, supaya kita bisa mengetahui keburukan yang harus dihindari, contohnya seperti nyamuk.

“Allah mengingatkan kita lewat nyamuk, bahwa ada lingkungan yang kotor di situ, dan ada penyakit yang harus dihindari. Makanya saat dia muncul, memang fitrahnya mesti dibunuh, kenapa? Karena di lingkungan itu ada yang kotor, plus dia pun membawa kotoran di tubuhnya,” terangnya.

Selain nyamuk, cicak juga termasuk ke dalam ujian mudharat.

Jika muncul cicak, berarti ada lingkungan yang tidak bersih di tempat tersebut.

“Cicak juga membawa kotoran di tubuhnya, apa makanannya cicak? Nyamuk. Jadi Allah ciptakan cicak bukan untuk dibunuh, tapi menandakan ada mudharat di sekitar tempat itu yang kotor,” ungkapnya.

Maka Ustaz Adi Hidayat menyebut lagi, bahwa Rasulullah SAW memerintahkan manusia untuk membunuh cicak karena mudharatnya tadi.

“Selain menghindar dari penyakit dan kotoran, membunuh cicak juga dapat mengusir keadaan-keadaan jin. Karena jin suka tempat yang kotor. Makanya, saya pernah katakan jika ada cicak di beberapa tempat, itu jin juga ada di situ,” tegasnya.

Selain itu, ada juga hadist yang menyebut, membunuh cicak bisa dapat pahala.

“Siapa saja yang membunuh cicak dengan sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala sebanyak begini dan begini kebaikan. Barang siapa yang membunuhnya dengan dua kali pukulan, maka dituliskan baginya pahala sebanyak begini dan begini kebaikan berkurang dari pukulan pertama. Dan siapa yang membunuhnya dengan tiga kali pukulan, maka pahalanya kurang lagi dari yang kedua,” (HR Muslim no 4156).

(Sumber: tvonenews.com)

USTAZ ADI HIDAYAT: Jangan Kaget Besok Rezeki Datang Mendadak, Baca Surat Ini saat Salat Tahajud