Fenomena Pemilih Pemula dalam Pemilu 2024 dan Tips Memilih Presiden untuk Gen-Z

Tinta Gambir untuk Pemilu 2024, Dilepas ke 35 Provinsi di Indonesia
Sumber :
  • infopublik.id

WISATA – Fenomena pemilih pemula di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 cukup menarik. Selain jumlahnya cukup banyak, yaitu sekitar 46 juta jiwa (usia 17 – 26 tahun) sehingga punya potensi bisa mempengaruhi hasil pemilu, juga perilakunya cukup unik. Pemilih pemula yang baru akan melakukan pemilihan pertama kali cenderung memiliki kesadaran politik yang rendah dan tidak mengikuti perkembangan politik, namun ada pula yang termasuk golongan pemilih bimbang. Selain itu karena adanya isu polarisasi, misinformasi dan disinformasi ada juga fenomena pemilih yang pindah memilih di Pilpres 2024 ini.

Prabowo di Al Jazeera: Generasi Muda Bisa Bedakan yang Tulus dan yang Dibuat-buat

Untuk membantu para pemilih pemula dan Gen-Z, terutama yang baru pertama kali akan mengikuti pemilihan umum di 14 Februari 2024 nanti, berikut ini adalah Tips untuk mengikuti Pemilu dan memilih Presiden sebagai acuan :

Ilustrasi Capres RI

Photo :
  • IG/debatcapres.ri
Potensi Pertemuan Prabowo dan Megawati: Kawan Lama Bersua di Tengah Dinamika Politik

1. Pastikan terdaftar sebagai pemilih: Sebagai pemilih yang cerdas, pastikan nama Anda sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal ini dapat dilakukan dengan mengunjungi kelurahan tempat tinggal.

2. Cari tahu syarat-syarat sebagai pemilih: Ada beberapa syarat yang wajib diketahui untuk terdaftar sebagai pemilih, seperti genap berusia 17 tahun, tidak sedang terganggu jiwa, tidak dicabut hak pilihnya, berdomisili di daerah pemilihan sesuai KTP, dan tidak sedang menjadi anggota TNI/Polri.

Cak Imin: Pasti akan Ada Giat Pembubaran Koalisi Perubahan

3. Aktif mengikuti perkembangan informasi soal Pemilu: Aktif mengikuti perkembangan informasi seputar Pemilu melalui media sosial milik KPU, supaya terhindar dari berita hoax.

Halaman Selanjutnya
img_title