Tips Memilih Jenis Madu Indonesia untuk Pengobatan Prana atau Terapi Etnaprana

Madu
Sumber :
  • pixabay

WISATA – Meskipun negara kita bukan penghasil madu terbesar di dunia, namun Madu Indonesia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan madu dari negara lain. Salah satunya adalah rasa madu yang lebih khas dan bervariasi. Selain itu, madu Indonesia juga dihasilkan dari bunga-bunga yang hanya tumbuh di Indonesia, seperti bunga rambutan, durian, dan kelapa. Dilansir dari bsn.go.id, Badan Standardisasi Nasional (BSN) Indonesia telah menetapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8664:2018 Madu. Standar ini mencakup madu hutan, madu budidaya, dan madu lebah tanpa sengat (trigona). Standar ini disusun berdasarkan perkembangan keragaman produksi madu nasional dan untuk mengikuti perkembangan dalam dunia perdagangan.

Etnaprana: Kaya Manfaat Pare, Tanaman Ajaib dalam Budaya Wellness Indonesia

Untuk keperluan terapi etnaprana disarankan untuk menggunakan madu terbaik dari jenis unggul. Berikut ini adalah jenis madu yang direkomendasikan untuk terapi etnaprana dirangkum dari hellosehat.com dan berbagai sumber lainnya :

 

Spa Tradisional Indonesia sebagai Warisan Wellness Nusantara

Minum teh madu

Photo :
  • pixabay

Madu

Photo :
  • pixabay
Batangeh dan Uruik Minang: Ritual Etno Wellness Etnaprana untuk Keseimbangan Jiwa dan Raga

Ilustrasi madu untuk terapi

Photo :
  • pixabay

1. Madu Hutan: Madu hutan berasal dari habitat alami lebah di hutan, bukan peternakan. Madu hutan asli berkualitas baik memiliki warna yang cerah dan tidak keruh. Rasanya pun tidak semanis madu peternakan, tapi lebih kaya rasa dan cenderung asam.

Halaman Selanjutnya
img_title