Antara Gengsi dan Kebutuhan, Mana yang Harus Didahulukan ?

Pertimbangkan Gengsi atau Kebutuhan
Sumber :
  • Pexels

Malang, WISATA - Gengsi dan kebutuhan adalah dua hal yang sering kali menjadi dilema bagi sebagian orang. Gengsi adalah keinginan untuk dianggap baik atau lebih baik dari orang lain, sedangkan kebutuhan adalah hal-hal yang diperlukan untuk hidup.

Seneca: Menghargai Kehidupan dengan Hidup Sesuai Alaminya

Dalam kehidupan sehari-hari, gengsi dan kebutuhan seringkali bercampur aduk. Misalnya, seseorang membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan hanya karena ingin terlihat kaya atau keren. Atau, seseorang menahan diri untuk membeli barang yang dibutuhkan karena takut dianggap tidak mampu.

Lalu, mana yang harus didahulukan, gengsi atau kebutuhan?

9 Quote dan Kutipan Filsafat Jawa sebagai Inspirasi Hidup

Pada dasarnya, kebutuhan harus didahulukan daripada gengsi. Hal ini karena kebutuhan adalah hal-hal yang penting untuk hidup. Misalnya, kebutuhan akan makanan, pakaian, tempat tinggal, dan pendidikan.

Jika kebutuhan tidak terpenuhi, maka akan berdampak negatif bagi kehidupan. Misalnya, seseorang yang tidak makan akan kelaparan, seseorang yang tidak berpakaian akan kedinginan, dan seseorang yang tidak memiliki tempat tinggal akan terlantar.

Begini Jawaban Thales Ketika Ditanya Mengapa Tidak Mau Menikah

Sementara itu, gengsi adalah hal yang bersifat sekunder. Gengsi tidak memberikan manfaat yang nyata bagi kehidupan. Gengsi hanya akan membuat seseorang merasa lebih baik dari orang lain, tetapi tidak akan membuat hidupnya lebih baik.

Oleh karena itu, penting untuk bijak dalam membedakan antara gengsi dan kebutuhan. Jangan sampai gengsi membuat kita mengabaikan kebutuhan yang sebenarnya penting.

Halaman Selanjutnya
img_title