Inilah Penyebab Paru-Paru Popcorn: Penyakit Langka yang Mengancam Kesehatan Paru-Paru

Ilustrasi pabrik popcorn
Sumber :
  • IG/shael.ai

WISATA – Paru-paru popcorn adalah istilah populer untuk menyebut kondisi medis yang bernama bronkiolitis obliterans. Ini adalah penyakit langka yang menyebabkan peradangan dan jaringan parut pada bronkiolus, yaitu saluran udara terkecil di dalam paru-paru. Akibatnya, fungsi paru-paru dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

BEA CUKAI: Sinergi Bea Cukai Bali Nusra, Ngurah Rai dan Denpasar, Musnahkan Barang Ilegal

Penyakit ini disebut paru-paru popcorn karena pertama kali ditemukan pada pekerja pabrik popcorn yang menghirup zat kimia berbahaya bernama diasetil. Zat ini digunakan sebagai bahan perasa mentega pada popcorn microwave. Meskipun aman untuk dimakan, diasetil ternyata beracun jika dihirup dalam jangka panjang.

Paru-paru

Photo :
  • pixabay
Prakiraan Cuaca Kota Bogor Jawa Barat, Tanggal 3 Juli 2024

Selain diasetil, ada beberapa zat kimia lain yang dapat menyebabkan paru-paru popcorn, seperti asetaldehida, ammonia, klorin, gas belerang, asap pengelasan, asam hidroklorik, formaldehida, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida. Zat-zat ini banyak ditemukan di lingkungan industri, pertanian, atau perokok elektrik (vape). Selain paparan zat kimia, paru-paru popcorn juga bisa disebabkan oleh factor-faktor lain seperti infaksi pernafasan, penyakit autoimun, transplantasi paru-paru atau reaksi obat.

ilustrasi vape

Photo :
  • pixabay
Halaman Selanjutnya
img_title
Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024 dan KRI Dewaruci ke Melaka Telusuri Jejak Budaya Bersama