Tidak Perlu Obat, Cukup Makan Buah-Buahan Ini untuk Menghilangkan Insomnia

Wanita dan Buah-buahan
Sumber :
  • pixabay

WISATA – Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan seseorang sulit tidur atau tidak cukup tidur meski terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Gangguan ini bisa berdampak pada aktivitas dan kesehatan penderita keesokan harinya.  Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa buah-buahan yang bisa mengurangi insomnia jika Anda mengonsumsinya. Hal ini karena buah-buahan tersebut diantaranya mengandung melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun. Melatonin membantu tubuh merasa mengantuk dan siap untuk tidur. Buah yang mengandung triptofan dan antioksidan juga disarankan untuk dikonsumsi untuk Anda yang mempunyai insomnia.

Penting!, Jangan Minum Kopi Bila Anda Merasakan Hal-hal Berikut

Berikut ini adalah beberapa buah - buahan yang dapat membantu Anda mengatasi insomnia:

Nanas: Nanas adalah buah berdaging kuning yang segar dan manis. Nanas juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, karena mengandung melatonin, yaitu hormon yang mengatur ritme sirkadian tubuh. Melatonin diproduksi oleh tubuh saat malam hari untuk memberi sinyal bahwa saatnya tidur. Menurut studi dari Journal of Pineal Research, mengonsumsi nanas bisa meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh hingga 266 persen.

RESEP: 3 Variasi Minuman Segar dari Buah-buahan, Rasanya Bikin Ketagihan

Kiwi: Kiwi adalah buah yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin K, folat, dan kalium. Anda bisa memanfaatkan kiwi sebagai salah satu makanan untuk mengatasi insomnia. Menurut penelitian dari University of North California di Chapel Hill, mengonsumsi dua buah kiwi satu jam sebelum tidur bisa mengurangi insomnia sebanyak 30 persen. Hali ini karena kiwi mengandung serotonin yaitu zat kimia otak yang berperan dalam siklus tidur dan suasana hati.

Jus Kiwi

Photo :
  • pixabay
Etnaprana Wellness: Pahami Manfaat Balneoterapi Air Panas untuk Kesehatan, Anda akan Terkejut

Jeruk: Jeruk adalah buah berkulit oranye yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Jeruk juga dapat membantu Anda mengatasi insomnia, karena mengandung magnesium, yaitu mineral yang dapat merelaksasi otot dan saraf. Magnesium dapat membantu mengatur produksi melatonin dan serotonin dalam tubuh. Anda bisa minum jus jeruk atau makan jeruk segar sebelum tidur untuk mendapatkan manfaatnya.

Halaman Selanjutnya
img_title