Penyebab Terjadinya Baby Blues dan Cara Mengatasinya yang Perlu Diketahui Khususnya oleh Ibu Baru

Ilustrasi Ibu dan bayinya
Sumber :
  • pixabay

Wisata – Baby blues adalah kondisi psikologis yang dialami oleh sebagian besar para ibu setelah melahirkan. Kondisi ini ditandai dengan perasaan lebih emosional dan sensitif, seperti mudah sedih, cemas, lelah, lekas marah, sering menangis, kurang nafsu makan, sulit tidur, dan sulit konsentrasi.

Asal-usul Gohyong - Salah Satu Kuliner yang Sedang Populer, Begini Cara Membuatnya!

Dilansir dari medicalnewstoday.com, penyebab pasti baby blues masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu kondisi ini, antara lain:

  • Perubahan hormon. Setelah melahirkan, kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh seorang ibu akan menurun drastis.  Hal ini dapat mempengaruhi suasana hati yang menyebabkan perasaan tertekan.
  • Sulit beradaptasi. Mengurus bayi baru lahir membutuhkan banyak perhatian dan tanggung jawab. Biasanya hal ini dialami oleh ibu baru yang merasa kewalahan dengan perubahan dalam dirinya dan hidupnya.
  • Kurang tidur. Bayi baru lahir memiliki siklus tidur yang belum teratur. Hal ini membuat para ibu harus terjaga di malam hari dan tidak mendapatkan istirahat yang cukup, yang menyebabkan kelelahan dan iritabilitas.
  • Riwayat gangguan kesehatan mental. Seseorang yang memiliki riwayat depresi, bipolar, atau gangguan kecemasan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi baby blues ini.

Ilustrasi ibu kelelahan

Photo :
  • pixabay
Halaman Selanjutnya
img_title
Yuk Kenalan dengan Tank Transporter yang Dukung Kekuatan Tempur Korps Marinir