UGM: Hilirisasi Produk Inovasi, UGM Gelar Temu Bisnis dengan 40 Perusahaan Swasta dan BUMN

40 Pebisnis Bertemu dalam Business Matching and Virtual Expo UGM
Sumber :
  • Gusti Grehenson

Jakarta, WISATA – 40 perusahaan swasta dan BUMN berkumpul dalam temu bisnis bertajuk “Business Matching and Virtual Expo, Produk Inovasi bidang Petrokimia, Oil and Gas” di Gedung UGM Kampus Jakarta, di Jalan Dr. Saharjo, Tebet, Jakarta Selatan, pada hari Jumat (13/9/2024).

Di antara mereka adalah PT Pertamina Gas, Pertamina Patra Niaga, Pupuk Sriwijaya, Pupuk Indonesia, Pupuk Indonesia Pangan, Petrokimia Gresik, Pupuk Kaltim dan Indika Energy.

Temu bisnis ini digelar untuk membangun kolaborasi antara akademisi dan pelaku dunia usaha terkait hilirisasi hasil inovasi riset yang sudah dikembangkan oleh peneliti melalui UGM Science Techno Park.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGMProf. Dr. Wening Udasmoro mengatakan, kegiatan temu bisnis dilakukan untuk menutup kesenjangan antara dunia akademik dan industri, sekaligus menjalankan mandat UGM untuk memproduksi pengetahuan dan memberi kemanfaatan bagi masyarakat.

“Kedua mandat tersebut dipegang teguh,” ujar Prof. Wening.

Prof. Wening menambahkan, banyak hasil inovasi dari peneliti UGM yang kini dilirik tidak hanya oleh perusahaan dalam negeri, bahkan dari luar negeri.

“Baru-baru ini, ada industri di Jerman yang ingin menggunakan produksi pengetahuan yang dihasilkan oleh peneliti FMIPA, ternyata produksi pengetahuan dan inovasi dari ahli-ahli UGM sudah diakui di tingkat nasional maupun internasional,” imbuhnya.

Menurut Prof. Wening, selain untuk memperkuat kolaborasi, temu bisnis ini juga untuk hilirisasi produk riset dan inovasi agar bisa diadopsi dan dimanfaatkan langsung untuk kepentingan industri.

“Kita ingin apa yang kita hasilkan bisa bermanfaat bagi industri, karena UGM sebagai kampus komprehensif dari ilmu sains hingga social sains, selain untuk industri, juga memberi manfaat bagi masyarakat luas,” katanya.

UGM: Jangan Percaya Hoaks! Ini Respons Resmi UGM Terkait Surat Edaran Dekan Fakultas Teknik

Pebisnis Bertemu Akademisi UGM untuk Kurangi Kesenjangan

Photo :
  • Gusti Grehenson
Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha UGM, Dr. Hargo Utomo , M.B.A. mengatakan, pihaknya saat ini tengah mendorong berbagai hasil inovasi unggul agar bisa dikerjasamakan dengan industri.

Halaman Selanjutnya
img_title