Memahami Penyebab Hilangnya Nafsu Makan untuk Meningkatkan Selera Makan

Makan siang
Sumber :
  • Koleksi Elly Martyasrini

Malang, WISATA – Biasanya orang kehilangan nafsu makan karena berbagai faktor, baik fisik maupun psikologis. Misalnya karena gangguan pencernaan, kondisi kronis, atau penderita penyakit tertentu. Masalah Psikologis seperti depresi, kecemasan dan gangguan makan juga mendorong seseorang kehilangan nafsu makan. Dengan hilangnya nafsu makan dan kurangnya nutrisi, bisa menyebabkan turunnya daya tahan tubuh.

RESEP: Tumis Terong Ikan Asin, Masakan Sederhana namun Menerbitkan Selera

Dengan memahami penyebab kehilangan nafsu makan, Anda bisa lebih mudah mencari solusi yang tepat. Namun jika kehilangan nafsu makan berlanjut atau disertai gejala lain, tentu perlu untuk berkonsultasi dengan profesional medis untuk penanganan lebih lanjut. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan nafsu makan,

1. Makan dalam porsi kecil tapi sering:

RESEP: Cara Membuat Salad Buah Sendiri, Hasil Lebih Banyak dan Lebih Enak

Makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering dapat membantu meningkatkan nafsu makan. Daripada makan tiga kali sehari dalam porsi besar, cobalah makan lima hingga enam kali sehari dengan porsi lebih kecil.

2. Konsumsi makanan yang Anda suka:

RESEP: 2 Resep Olahan Daging Istimewa yang Enak dan Mudah Dibuat

Fokus pada makanan yang Anda nikmati. Jika makanan tertentu lebih menggugah selera, cobalah memasukkan lebih banyak variasi dari makanan tersebut ke dalam diet Anda.

3. Gunakan bumbu dan rempah-rempah:

Halaman Selanjutnya
img_title