Leipajuusto, keju khas Finlandia yang Tahan Lama, Keras dan Kenyal

Leipajuusto atau juustoleipa adalah keju khas Finlandia
Sumber :
  • Ig: finlandjakarta

Jakarta, WISATA – Leipajuusto atau Juustoleipa adalah keju khas Finlandia.  Berbeda dengan keju yang biasa dimakan, Leipajuusto saat digigit terasa keras dan kenyal. 

Mengapa Warga Finlandia Hidup Lebih Bahagia, Berikut Alasannya

 

Itu sebabnya orang  di luar Finlandia mengatakan bahwa Leipajuusto adalah keju melengking, karena saat digigit terdengar bunyi melengking di gigi.

Desa Santa Claus di Finlandia: Destinasi Wisata yang Menyajikan Keajaiban Natal Sepanjang Tahun

Leipajustoo atau keju khas Finlandia ini biasanya dibuat dari susu rusa atau susu sapi (sangat jarang menggunakan susu kambing).

Pembuatan keju tersebut menggunakan susu yang pertama kali keluar (colostrum) dan langsung dipanggang di atas api seperti kayu bakar sampai kedua sisinya terbakar.

Resep Mämmi, Makanan Penutup yang Harus Disajikan Saat Perayaan Paskah di Negara Finlandia

Pemanggangan keju ini tidak boleh di dalam oven tetapi langsung di atas api agar menghasilkan keju dengan aroma dan rasa yang manis, asin, ringan dan menyegarkan.

Cetakan keju terbuat dari kayu yang dibuat khusus untuk memanggang keju khas ini.  Dengan cetakan keju khas Skandinavia, merupakan perpaduan antara inovasi dan efisiensi. Bentuk kayu yang menghadap ke atas dan keju di piringan kayu menghadap ke bawah. 

Halaman Selanjutnya
img_title