Nikmati Kelezatan Ikan Asap Pari Masak Santan, Mertua Lewat Pun Tak Kelihatan

Ikan Asap Pari Santan
Sumber :
  • Wisata Viva/Indah Novita Dewi

Makassar, WISATA – Pernahkah Anda makan ikan asap? Ikan asap adalah ikan yang diawetkan dengan teknik pengasapan. Proses pengasapan ikan menggunakan asap panas yang berasal dari pembakaran kayu atau bahan organik lainnya. Ikan yang diasap akan sedikit mengeras, kering dan berwarna kecokelatan atau kehitaman.

YOGYAKARTA: Kolaborasi dengan TNI AU, Pemkot Yogya Gelar Orkestra Semarak Dirgantara

Beda dengan ikan yang diasinkan, ikan asap tidak terlalu kering dan tidak asin. Daging ikan masih terasa bervolume dan juicy serta ada aroma-aroma asap serta rasa yang khas yang membuat ikan asap terasa nikmat. Apalagi jika dimasak dengan bumbu santan.

Salah satu jenis ikan yang biasa diawetkan dengan cara diasap adalah ikan pari atau biasa disebut Iwak Pe (Bahasa Jawa). Konon penyebutan iwak pe karena dulu masyarakat nelayan sering mengawetkan ikan dengan metode penjemuran atau dalam bahasa Jawa: pepe. Hingga kini walau metode penjemuran digantikan oleh metode pengasapan, hasilnya tetap disebut iwak pe.

Revolusi Mobil Listrik Terancam? Inilah Mengapa Pasokan Logam Baterai Jadi Penentu Utama

Salah satu jenis olahan ikan asap pari yang maknyus dan tak terlupakan adalah ikan asap pari masak santan. Banyak varian masakan santan khas Jawa, ada kothokan, mangut dan lodeh. Kali ini saya akan membagikan yang tidak terlalu ribet dan cukup simpel yaitu Ikan Asap Pari Masak Santan.

Bahan-bahannya:

Bagaimana Indonesia Menjadi Raja Nikel di Era Mobil Listrik

6 atau 7 potong ikan asap pari

1 buah terung, potong-potong

Halaman Selanjutnya
img_title