GUNS N' ROSES: 50 Hal Tentang Album 'Use Your Illusion I dan II'

17 Sept. 1991, Guns N' Roses Merilis Album Use Your Illusion I - II
Sumber :
  • Akun FB: All Access Global ROCK Stream

Jakarta, WISATA – Pada tanggal 17 September 1991, Guns N' Roses merilis album ketiga dan keempat mereka, Use Your Illusion I dan II.

Untuk merayakan hari jadi mereka yang ke-32, berikut 50 hal yang mungkin tidak Anda ketahui, tentang rekaman tersebut:
1. Sampul Use Your Illusion I  dan  II menampilkan detail yang sama dari lukisan Raphael, "The School of Athens", dikerjakan oleh seniman Estonia-Amerika Mark Kostabi, yang menggunakan skema warna kuning dan merah untuk Use Your Illusion I dan warna ungu dan biru untuk II.
2. Album-album tersebut mengambil judul lukisan yang digunakan untuk artistik sampul, dimana saudara si seniman, Paul Kostabi, memberi judul Use Your Illusion.
3. Agak tersembunyi di catatan liner adalah frasa "F You St. Louis," referensi untuk penampilan band di sana pada bulan Juli 1991. Axl Rose memotong pendek penampilan mereka dan menyebabkan kerusuhan, tindakan yang membuat kota itu memberi denda untuknya.
4. Slash mengucapkan terima kasih dalam catatan liner untuk "the killer guitar melodies."
5. Album keluar pada tengah malam pada 17 September 1991. Band ini menjual 500.000 eksemplar hanya dalam dua jam, meskipun toko seperti K-Mart dan Walmart menolak untuk menjual rekaman karena berisi kata-kata kotor.
6. Setelah mencampur 21 lagu dengan penata rekeman/produser Bob Clearmountain, band ini tidak senang dengan apa yang terdengar, sehingga mereka menghapus semuanya dan memulai lagi dengan penata rekeman Sex Pistols, Bill Price.
7. Album tersebut menandai pertama kalinya anggota lain dari band mengambil tugas vokal utama. Izzy Stradlin menyanyikan "Dust N' Bones," "You Ain't the First," "Double Talkin' Jive" dan "14 Years," sementara Duff McKagan menyuarakan "So Fine."
8. Lagu “Right Next Door to Hell” berasal dari pertikaian Axl dengan tetangganya, Gabriella Kantor. Dia meminta penyanyi itu ditangkap, menuduhnya memukulnya dengan botol anggur. Dia membantah tuduhan itu dan menyebutnya sebagai penggemar gila. Kondominium itu kemudian dijadikan hadiah dalam kontes Evict Axl milik MTV.
9. Versi band dari "Live and Let Die" milik Wings dinominasikan untuk Grammy 1993 untuk Best Hard Rock Performance.
10. “Don't Cry” adalah tentang seorang gadis bernama Monique Lewis, yang wajahnya di tato di bisep kanan milik Axl. Dia pernah menjadi pacarnya dan juga pernah menjalin hubungan romantis dengan Izzy.
11. Dua versi dari "Don't Cry" muncul di album. Mereka berdua memiliki instrumentasi yang sama, tetapi liriknya sama sekali berbeda dan melodinya juga diubah. Versi ketiga dari lagu tersebut juga direkam selama sesi Appetite for Destruction. Lagu itu keluar sebagai bagian dari single "Don't Cry".
12. “Bad Obsessions” adalah tentang mengatasi kecanduan narkoba.
13. Penyanyi Hanoi Rocks, Michael Monroe, yang sangat mempengaruhi Gn'R, memainkan harmonika dan saksofon di “Bad Obsession.”
14. “Back Off Bitch” adalah sebagian tentang Gina Siler, pacar Axl yang pindah ke LA bersamanya pada tahun 1982, tetapi pada tahun 1983, menendang Axl keluar karena masalah kemarahannya. Lagu itu sebenarnya ditulis sebelum Appetite keluar.
15. Lagu "Double Talkin' Jive" menampilkan baris "found a head and an arm in a garbage can." Ini mengacu pada polisi yang benar-benar menemukan bagian-bagian tubuh itu di tempat sampah dekat studio milik band.
16. Dengan durasi 8 menit dan 57 detik, "November Rain" adalah lagu terpanjang yang pernah masuk ke sepuluh besar Billboard Hot 100, di mana ia mencapai nomor tiga.
17. Mantan rekan se-band Axl di Hollywood Rose, Tracii Guns mengatakan, bahwa Axl telah mengerjakan “November Rain” setidaknya sejak tahun 1983, karena dia ingat pernah mendengarnya memainkannya saat itu. Axl mengatakan kepadanya, "Suatu hari nanti lagu ini akan menjadi sangat keren," tetapi ia menambahkan, bahwa lagu itu belum selesai.
18. Band ini mengira suara Axl di “The Garden” terdengar sangat mirip dengan suara Alice Cooper, sehingga mereka mengundang shock rocker itu untuk membantu lagu tersebut. Alice Cooper menerimanya dan muncul di lagu itu.
19. Band ini menulis "Garden of Eden" saat mereka berlatih di Chicago.
20. Axl menulis riff gitar akustik di awal “Dead Horse.” Lagu ini juga menampilkan suara pemecah kacang.
21. Slash dan Axl menulis "Coma" tentang overdosis obat mereka. Axl pernah mengatakan segmen akhir dari lagu tersebut adalah “salah satu hal terbaik yang pernah dia tulis.”
22. Dengan durasi 10 menit 14 detik, "Coma" adalah lagu terpanjang Guns N' Roses.
23. “Civil War” adalah lagu Gn'R terakhir yang menampilkan drummer Steven Adler, yang dikeluarkan dari band karena kecanduan narkoba sebelum mereka membuat album.
24. “Civil War” adalah lagu protes tentang perang dan menampilkan baris, “What’s so civil about war, anyway?”
25. Beberapa lirik dari “Civil War” mencerminkan aksi damai yang dilakukan Duff bersama ibunya saat ia berusia empat tahun.
26. “Civil War” pertama kali muncul di kompilasi tahun 1990, Nobody's Child: Romanian Angel Appeal.
27. “14 Years” adalah tentang seorang pria yang memiliki hubungan yang lama dan sulit dengan seorang gadis dan mengungkapkan perasaannya dalam lagu tersebut. Izzy menulisnya di usia yang sangat muda, sebelum dia bisa memiliki hubungan seperti itu, jadi ini bukan tentang dia.
28. Ada rumor bahwa “14 Years” adalah tentang persahabatan Izzy dengan Axl, karena mereka dikabarkan sudah saling kenal selama 14 tahun ketika lagu itu ditulis, tetapi konsep ini tidak sesuai dengan lirik dan tidak pernah dikonfirmasi oleh pihak band.
29. Cover milik Gn'R dari "Knockin' on Heaven's Door" milik Bob Dylan, sebenarnya keluar setahun sebelumnya di soundtrack Days of Thunder.
30. “Get In The Ring” ditulis tentang kritikus yang memberikan ulasan buruk kepada band karena cara mereka berakting di atas panggung. Gn'R sebenarnya menyebut empat kritikus dalam lagu tersebut. Salah satu kritikus itu menerima tawaran Axl untuk "masuk ring" dan menantang Rose untuk bertanding tinju, tapi itu tidak pernah terjadi.
31. “Get In The Ring” awalnya berjudul “Why Do You Look at Me When You Hate Me,” yang malah menjadi baris pertama lagu tersebut.
32. “Get In The Ring” juga hampir berjudul “Get In The Ring Motherfer.”
33. “Get In The Ring” terkenal karena banyaknya sumpah serapah dalam lagu tersebut.
34. Versi dari "Get In The Ring" di album terdengar live, tapi tidak. Band merekamnya di studio dan menambahkan suara penonton ke dalamnya. Suara keramaian datang dari pertunjukan 10 Juni 1991 di Saratoga Springs, New York.
35. “Pretty Tied Up” dimulai dengan Izzy memainkan sebuah coral sitar.
36. Slash mengatakan bahwa Izzy sangat menyukai heroin ketika mereka menulis "Pretty Tied Up" sehingga dia membuat sitar dari simbal, sapu dan senar.
37. Izzy terinspirasi untuk menulis “Pretty Tied Up” setelah menemui seorang dominatrix. Dia dan seorang teman pergi menemuinya dan di rumahnya, dia memiliki seorang pria gemuk dengan pakaian dalam wanita dan sepatu hak tinggi, diikat dengan lakban ke dinding dengan bawang di mulutnya.
38. "So Fine" didedikasikan untuk punk rocker Johnny Thunders, yang meninggal karena overdosis obat sebelum album direkam.
39. "Estranged" adalah lagu terpanjang kedua Gn'R.
40. Axl mengatakan dia menulis "Estranged" selama periode yang lebih "gelisah" dalam hidupnya, setelah pernikahannya dengan Erin Everly dibatalkan.
41. Slash mengatakan bahwa "Breakdown" adalah salah satu lagu yang lebih sulit untuk direkam karena bagian banjo, piano, dan drum, sulit untuk disinkronkan dan drummer baru Matt Sorum menjadi frustrasi saat mencoba melakukannya dengan benar.
42. “You Could Be Mine” adalah tentang hubungan Izzy yang gagal dengan mantan pacarnya, Angela Nicoletti.
43. “You Could Be Mine” ditampilkan dalam film Terminator 2: Judgment Day tahun 1991, tetapi tidak berhasil masuk ke soundtrack.
44. Lirik dari “You Could Be Mine” “With your bitch slap rappin’ and your cocaine tongue you get nothin’ done” muncul di sampul bagian dalam Appetite for Destruction.
45. “Don't Cry,” “Estranged” dan “November Rain” membentuk sebuah narasi yang terinspirasi dari sebuah cerita pendek berjudul “Without You”, yang ditulis oleh teman Axl dan road manager Gn'R, Del James.
46. Axl mengatakan bahwa “My World” ditulis dalam tiga jam.
47. Band ini dilaporkan sedang mabuk berat ketika mereka merekam “My World.” Axl mengaku tidak tahu karena temannya menyelipkan obat ke dalam tehnya.
48. Penyanyi Blind Melon Shannon Hoon menyumbangkan vokal latar untuk "Live and Let Die," "November Rain," "The Garden," "You Ain't the First" dan "Don't Cry."
49. Use Your Illusion II memulai debutnya di nomor satu di chart album, terjual 770.000 eksemplar di minggu pertama. Use Your Illusion I mengambil dua tempat, terjual 685.000 unit dalam seminggu.
50. Kedua album Use Your Illusion telah disertifikasi tujuh kali platinum di Amerika dan bersama-sama memiliki penjualan di seluruh dunia lebih dari 39.000.000 eksemplar.

(Sumber: akun FB: All Access Global Rock Stream)

INFO KASET: Guns N' Roses, 35th Anniversary of "Patience”