INFO KASET: Guns N'Roses, Heavy 30th Anniversary “The Spaghetti Incident?”

Guns N’ Roses (GNR) Rilis The Spaghetti Incident?, 23 November 1993
Sumber :
  • Akun FB: All Access Global ROCK Stream

Jakarta, WISATA Guns N’ Roses (GNR) merilis album studio kelima mereka "The Spaghetti Incident" pada 23 November 1993 melalui Geffen Records.

Album ini terdiri dari cover lagu-lagu punk rock dan hard rock yang lebih lama.

"The Spaghetti Incident?" adalah satu-satunya album studio yang menampilkan gitaris rhythm Gilby Clarke, yang menggantikan anggota Guns N' Roses asli Izzy Stradlin selama tur "Use Your Illusion" milik band pada tahun 1991, serta album terakhir untuk menampilkan gitaris Slash, bassist Duff McKagan dan drummer Matt Sorum. Ini juga merupakan satu-satunya album Guns N' Roses yang tidak disertai dengan tur pendukung.

Hingga bulan Maret 2018, album ini telah terjual 6.100.000 kopi di seluruh dunia.

Banyak lagu direkam dengan gitaris Guns N' Roses asli Izzy Stradlin selama sesi Use Your Illusion I dan II, dan kemudian direkam ulang dengan Gilby Clarke.

Lagu-lagu tersebut, sebelumnya dimaksudkan untuk dimasukkan ke dalam album gabungan "Use Your Illusion", yang terdiri dari tiga (atau mungkin empat) cakram, bukan dua cakram terpisah yang akhirnya menjadi.

Pada tahun 1992, band ini siap untuk merilis lagu cover yang tersisa sebagai EP, dengan Gilby Clarke menggantikan trek gitar Stradlin.

Mereka kemudian memutuskan untuk membuat album rilisan penuh dan merekam beberapa lagu lagi untuk itu.

Duff McKagan menyanyikan banyak lagu di album dan pentolan Hanoi Rocks Michael Monroe muncul di "Ain't It Fun" sebagai vokalis tamu.

Ini adalah album Guns N' Roses terakhir yang menampilkan Slash, Duff McKagan, Matt Sorum, dan satu-satunya album yang menampilkan Gilby Clarke.

Ini juga, album studio terakhir milik GNR sampai 15 tahun kemudian dengan "Chinese Democracy", dan album terakhirnya sampai album kompilasi live enam tahun kemudian dengan Era Live: '87 -'93.

Selama sesi studio, GNR ini juga merekam lagu instrumental dari lagu berjudul "Beer and a Cigarette", awalnya oleh Hanoi Rocks. Vokal itu tidak direkam dan lagu itu ditinggalkan, karena band ini tidak ingin penulis lagu Andy McCoy mendapatkan uang.

Band ini juga melakukan versi instrumental dari lagu "Down On The Street" oleh The Stooges yang juga tidak pernah dirilis.

Di bagian bawah sampul artistic album, ada kode yang ditulis dengan simbol Zodiac Killer, yang telah diuraikan sebagai "fuck'em all".

Judul mereferensikan insiden Steven Adler pada tahun 1989, saat band ini sementara tinggal di sebuah apartemen di Chicago. Adler menyimpan obat-obatannya di lemari es, di samping wadah makanan milik band, yang berisi makanan Italia.

McKagan menjelaskan bahwa kata kode Adler untuk simpanannya adalah 'spaghetti'. Dalam gugatannya terhadap band, pengacara Adler meminta band untuk "memberi tahu kami tentang insiden spaghetti," yang dianggap lucu oleh band ini dan digunakan sebagai judul album.

Selama diskusi antara Rose, Slash dan desainer sampul album dalam video "Making of Estranged", dibuat jelas bahwa bentuk judul yang benar adalah dalam tanda kutip dan dengan tanda tanya.

Album ini dirilis tak lama setelah akhir dari Tur Dunia "Use Your Illusion" yang telah berlangsung sampai pertengahan 1993. Salinan vinil dari album ini dirilis pada vinil oranye, dan CD dirilis dengan desain warna dan tanda: cincin konsentris hitam di sekitar tepi luar, dan indigo dan gambaran darah merah dari jack-o-lantern jahat makan spaghetti dari kepala yang cekung di tengah, yang kemudian akan berubah pada tahun edaran ulang 1997 hanya menjadi CD berwarna perak polos.

Sebuah cover yang tidak diiklankan dari lagu Charles Manson "Look at Your Game, Girl" dimasukkan dalam album. Lagu ini dirahasiakan, termasuk tidak ada di rekaman sebelumnya yang dikirim ke pengulas. Manajer band Doug Goldstein menyatakan "Ada lagu bonus di album, tetapi Axl menginginkannya untuk berbicara sendiri." Dan bahwa "Itu tidak dilakukan untuk kritik atau orang lain. Ini adalah bonus untuk para penggemar." Dimasukkannya lagu itu menimbulkan kontroversi, dengan penegakan hukum dan kelompok-kelompok hak-hak korban mengungkapkan kemarahan atas inklusi itu.

Rose menyatakan "alasan kami tidak mencantumkan lagu itu di album kami adalah kami ingin mengecilkannya. Kami tidak memberikan kredit apa pun kepada Charles Manson di album; ini seperti lagu bonus tersembunyi."

Band ini mempertimbangkan untuk menghapus lagu dari cetakan baru dari album, dengan David Geffen menyatakan dalam sebuah wawancara telepon, "Saya akan berharap bahwa jika Axl Rose telah menyadari betapa ofensif orang akan menemukan ini, dia tidak akan pernah merekam lagu ini di tempat pertama.

Slash menyebutkan bahwa lagu itu "dilakukan dengan humor hitam naif dan polos di pihak kami". Rose menyatakan ia akan menyumbangkan semua royalti kinerja dari lagu tersebut ke organisasi lingkungan nirlaba.

Slash menyatakan bahwa kelompok tersebut bermaksud untuk menghapus lagu tersebut, sebelum mereka memutuskan untuk menyimpannya setelah mereka mengetahui bahwa royalti dari lagu tersebut akan disumbangkan kepada Bartek Frykowski, putra dari Wojciech Frykowski, korban Manson selama Tate Murders.

Geffen Records merilis sebuah pernyataan yang menyebutkan bagian royalti mereka akan disumbangkan kepada Biro Korban Kejahatan Doris Tate. Bertahun-tahun kemudian, Rose mengatakan lagu itu akan dihapus dari cetakan baru dari album, mengklaim bahwa kritikus dan media telah salah menafsirkan minatnya pada Manson. Rose dapat dilihat mengenakan kemeja Manson dalam video untuk "Estranged" dan selama konser di Milton Keynes, Inggris, pada tahun 1993.

Rose menjelaskan mengenakan kemeja itu sebagai "mencoba membuat pernyataan" karena "banyak orang menikmati memainkan saya sebagai orang jahat dan orang gila. Maaf, saya bukan orang itu. Saya tidak seperti dia." Meskipun ada pernyataan bahwa lagu itu akan dihapus, "Look at Your Game, Girl" masih ditampilkan pada cetakan album.

Lagu pertama, "Since I Don't Have You", telah dibawakan beberapa kali sebagai intro lagu "Sweet Child o' Mine" atau "Paradise City" pada tahun 1992 dan 1993.

"Down on the Farm" dibawakan sekali dalam durasi penuh selama pertunjukan 1990 di pertunjukan Farm Aid IV. Itu juga dimainkan beberapa kali selama Chinese Democracy Tour pada tahun 2006. Band ini membawakan "Hair of the Dog" sekali pada tahun 1988, dan sekali lagi pada tahun 1990, selama ini hanya dikenal sebagai "The Gak" (band yang menampilkan anggota Guns N' Roses, Metallica dan Skid Row).

"Attitude" sering dibawakan selama Use Your Illusion Tour, dan Duff masih memainkannya di Loaded dan karir solonya. Lagu-lagu lain yang dimainkan langsung oleh Duff McKagan adalah "New Rose", "You Can’t Put Your Arms Around a memory" dan "Raw Power".

Lagu-lagu lain tidak pernah dimainkan secara langsung oleh Guns N' Roses, tetapi mungkin dimainkan oleh beberapa proyek sampingan dari para anggota, seperti supergroup milik Matt Sorum, Camp Freddy, yang memainkan versi cover dari lagu-lagu terkenal, serta Neurotic Outsiders, supergrup dimana Duff McKagan dan Matt Sorum adalah anggotanya.

Guns N' Roses memainkan "Attitude" dan - untuk pertama kalinya - "Raw Power" secara langsung di Buenos Aires (Argentina) pada April 2014 bersama Duff McKagan pada vokal.

"Attitude", "Raw Power" dan "New Rose" dimainkan selama "Not In This Lifetime Tour". Lagu ditambahkan ke daftar terbaru dari album ini.

Jumat, 19 Agustus, di Dodger Stadium, Duff McKagan menyanyikan "Raw Power" dari The Stooges dengan intro dari "New Rose", oleh The Damned.

"The Spaghetti Incident?" memulai debutnya di No. 4 di Billboard 200, terjual sekitar 190.000 album dalam minggu pertama rilisnya, jauh lebih sedikit dari rilisan mereka sebelumnya. Album ini mendapatkan platinum oleh RIAA pada 26 Januari 1994.

Dalam ulasannya untuk AllMusic, kritikus musik Stephen Thomas Erlewine mengatakan bahwa, "Sebagai sebuah album punk, "The Spaghetti Incident?" tidak memiliki amarah dan kemarahan yang benar.

Sebagai sebuah album Guns N' Roses, itu benar-benar menyenangkan, kembali menjadi ganas, hari-hari hard-rocking dari "Appetite for Destruction".

Daftar Lagu:
1. Since I Don’t Have You (The Skyliners)
2. New Rose (The Damned)
3. Down on th Farm (U.K. Subs)
4. Human Being (New York Dolls)
5. Raw Power
6. Ain’t It Fun (featuring Michael Monroe) (Rocket from the Tombs)
7. Buick Makane (Big Dumb Sex) (T. Rex/Soundgarden)
8. Hair of the Dog (Nazareth)
9. Attitude (Misfits)
10. Black Leather (The Professionals)
11. You Can’t Put Your Arms Around a Memory (Johnny Thunders)
12. I Don’t Care About You (Fear)
13. Look at Your Game, Girl (Hidden track starting at 2:17 in “I Don’t Care About You) (Charles Marnson)

Personel:
• W. Axl Rose – lead vocals, keyboards on "Since I Don't Have You", kazoo on "Human Being"
• Slash – lead guitar, co-lead vocals on "Buick Mackane (Big Dumb Sex)", talkbox on "Hair of the Dog", backing vocals on "Attitude"
• Duff McKagan – bass, backing vocals, acoustic guitar, lead vocals on "You Can't Put Your Arms Around a Memory", "New Rose" and "Attitude", co-lead vocals on "Raw Power", drums on "You Can't Put Your Arms Around A Memory", production
• Matt Sorum – drums, percussion on "Hair of the Dog", backing vocals on "Human Being" and "Attitude"
• Dizzy Reed – keyboards, piano on "Since I Don't Have You", percussion on "Look at Your Game Girl", backing vocals on "You Can't Put Your Arms Around a Memory"
• Gilby Clarke – rhythm guitar, backing vocals
• Izzy Stradlin – rhythm guitar (uncredited)

Additional musicians:
• Michael Monroe – co-lead vocals on "Ain't It Fun"
• Mike Staggs – additional guitar on "Ain't It Fun"
• Mike Fasano – percussion on "Hair of the Dog"
• Richard Duguay – lead and rhythm guitars on "You Can't Put Your Arms Around a Memory"
• Eddie Huletz – backing vocals on "You Can't Put Your Arms Around a Memory"
• Blake Stanton – backing vocals on "I Don't Care About You"
• Eric Mills – backing vocals on "I Don't Care About You"
• Rikki Rachtman – backing vocals on "I Don't Care About You"
• Stuart Bailey – backing vocals on "I Don't Care About You"
• Carlos Booy – acoustic guitar on "Look at Your Game, Girl"

(Sumber: Akun FB:All Access Global ROCK Stream)

SEBASTIAN BACH, Selamat Ulang Tahun ke-56