Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ratusan Warga Surabaya Bersihkan Pantai

Bersih-bersih Pantai Warga Surabaya
Sumber :
  • Handoko/Istimewa

Surabaya, WISATA – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, Arsaloka, Mini Organik Market (MOM), dan Yayasan Bakti Lingkungan Surabaya menyelenggarakan kegiatan bersih-bersih pantai di Taman Surabaya dan Kenjeran Watu-watu. Acara yang dimulai sejak pukul 05.00 WIB ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai wilayah di sekitar Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari PLN sebagai bentuk kepedulian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap lingkungan.

Thales - "Cinta adalah Ikatan yang Menghubungkan Manusia dengan Alam dan Satu Sama Lain"

 

Bersih-bersih Pantai Warga Surabaya

Photo :
  • Handoko/Istimewa
Mulai dari Kita: Inilah Cara Sederhana Ikut Merawat Bumi

CEO Arsaloka yang juga pengurus IKA UNDIP Jatim sebagai koordinator acara, Nia, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat agar terlibat langsung dalam menjaga lingkungan hidup. "Ingat, langit kita sudah mulai mengalami kerusakan dan bencana lingkungan akibat berbagai jenis polusi tidak dapat dicegah lagi," kata Nia di sela-sela acara bakti sosial tersebut.

Menurut Nia, langkah sederhana seperti membersihkan pantai dari sampah plastik adalah awal yang baik untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan. "Mari kita tunjukkan kepedulian kita terhadap lingkungan dan mulailah dari hal kecil seperti membersihkan pantai dari sampah plastik," tambahnya.

Arsa Loka Organic Market Sukses Dekatkan Gaya Hidup Wellness Etnaprana kepada Masyarakat

Indonesia dan Masalah Sampah Plastik

Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia menghasilkan sekitar 3,2 juta ton sampah plastik setiap tahunnya, dan sekitar 1,29 juta ton di antaranya berakhir di lautan. Data dari World Bank juga menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat kedua setelah China dalam hal kontribusi sampah plastik ke lautan .

Halaman Selanjutnya
img_title