KAI: Mulai 1 Juni 2024, Pengembalian Dana Pembatalan Tiket Kereta Maksimal 7 Hari, Catat Nih....

Kini, Pengembalian Biaya Tiket Kereta, Maks. 7 hari
Sumber :
  • kai.id

Jakarta, WISATA – Mulai 1 Juni 2024, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menetapkan kebijakan baru terkait waktu pengembalian dana pembatalan tiket KA Antar Kota.

Kini, pengembalian dana akan dilakukan paling lambat dalam waktu 7 hari, setelah tanggal pembatalan.

Sebelumnya, batas waktu pengembalian beaya pembelian tiket yang dibatalkan atas permintaan penumpang, yaitu 30 hingga 45 hari.

KAI: Gak Harus dari Stasiun Pasar Senen, Penumpang 17 KA Ini Bisa Berangkat dari Stasiun Jatinegara

Kini, Pengembalian Biaya Tiket Kereta, Maks. 7 hari

Photo :
  • kai.id
“Perubahan ketentuan batas waktu pengembalian bea tiket tersebut, guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Dengan mempercepat proses pengembalian dana, KAI berharap dapat memberikan pengalaman yang lebih baik dan memuaskan bagi para penumpang setianya,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

Untuk memudahkan proses pengembalian dana, KAI menyediakan beberapa metode.

Dana bisa dikembalikan melalui transfer ke rekening bank atau e-wallet penumpang.

Stasiun Kereta yang Melayani Pengembalian Biaya Tiket

Photo :
  • kai.id
Ini memberikan kemudahan dan kecepatan bagi penumpang yang menggunakan layanan perbankan atau dompet digital.

Bagi penumpang yang belum memiliki rekening bank atau e-wallet, KAI juga menawarkan solusi sementara berupa pengembalian dana secara tunai.

Pengembalian tunai ini dapat dilakukan di stasiun-stasiun tertentu yang telah ditetapkan oleh KAI, pada 7 hari setelah tanggal pembatalan.

KAI juga mengatur pengembalian dana untuk KA Perkotaan yang dikelola oleh KAI induk (bukan anak perusahaan).
INFO LOKER: Ditunggu sampai Senin Besok, Ada Rekrutmen Program Management Trainee KAI Tahun 2024

Stasiun Kereta yang Melayani Pengembalian Biaya Tiket

Photo :
  • kai.id
Pengembalian dana dilakukan secara tunai pada 7 hari setelah tanggal pembatalan.

Langkah ini diambil untuk memastikan semua penumpang, baik pengguna KA Antar Kota maupun KA Perkotaan, mendapatkan layanan yang cepat dan efisien.

Sementara itu, proses pembatalan tiket dapat dilakukan pada aplikasi Access by KAI dan loket stasiun yang melayani pembatalan tiket, dengan biaya administrasi sebesar 25% per tiket yang dibatalkan.

Penumpang dapat membatalkan tiket di Access by KAI selambatnya 2 jam sebelum keberangkatan KA, atau di loket stasiun selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan KA.

(Sumber: kai.id)