LEBARAN 2024: Dinilai Tak Lazim, Kemenag Akan Mengedukasi Jemaah Aolia yang Duluan Salat Id Hari Ini

Ilustrasi: Salat Idulfitri
Sumber :
  • tvonenews.com

Jakarta, WISATA – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gunungkidul, Yogyakarta, merespons adanya kabar Jemaah Aolia yang akan melangsungkan Salat Idulfitri 2024 pada Jumat (5/4/2024).

Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul, Sya'ban Nuroni mengungkapkan, fenomena Salat Idulfitri 2024 yang dilakukan oleh Jemaah Aolia, dinilai tak lazim.

"Kalau ini tidak lazim, kalau satu atau dua hari biasa, kalau ini kan lima hari, tidak lazim (perbedaan penetapan Hari Raya Idul Fitri)," kata Sya'ban kepada awak media, Jakarta, pada Rabu (4/4/2024) lalu.

Sya'ban mengaku pihaknya akan menyambangi Jemaah Aolia yang bermarkas di Gunungkidul itu.

Menurutnya, pihaknya akan melakukan edukasi kepada Jemaah Aolia yang dinilai tak lazim dalam penetapan Hari Raya Idul Fitri tersebut.

"Ada sesuatu permasalahan, dalam agama Islam tentunya kita melakukan pendekatan kepada tokoh agama, agar pengamalan keyakinan, kemudian agar tidak menimbulkan permasalahan di tengah masyarakat," ungkapnya.

Jemaah Aolia di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terjadwal akan melangsungkan Salat Idulfitri 2024 pada Jumat (5/5/2024).

Meski berbeda dengan penetapan dari pemerintah, Jemaah Aolia memastikan tak akan mengadakan kegiatan halal bihalal usai pelaksanaan salat Id tahun ini.

"(Besok) tidak ada cara halal bihalal," ujar kerabat dekat Imam Jemaah Masjid Aolia yakni K.H. Ibnu Hajar Soleh Pranolo (Mbah Benu), Daud saat dikonfirmasi awak media, Jakarta, Rabu (4/4/2024).

(Sumber: tvonenews.com)

BEASISWA SANTRI: Segera Dibuka, Program Beasiswa 1.000 Santri, Ini Syarat dan Ketentuannya