KUA: Bimas Katolik Koordinasi dengan KWI, Bahas Layanan KUA untuk Semua Agama di Indonesia

Bimas Katolik Gelar Pertemuan dengan KWI dan Mitra Kerja
Sumber :
  • kemenag.go.id

Jakarta, WISATA – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas menggulirkan kebijakan untuk mengoptimalkan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai tempat memberikan layanan bagi semua agama.

Merespons kebijakan ini, Direktorat Jenderal Bimas Katolik berkoordinasi dengan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), usai Rakernas Ditjen Bimas Katolik 2024 (1/3/2024).

Dalam kesempatan tersebut, hadir Sekretaris Eksekutif Komisi HAK KWI, Romo Hery, Sekretaris Komisi Keluarga KWI, Romo Y. Aristanto HS, Komisi Keadilan dan Perdamaian KWI, Romo Martin, dan Peneliti Institute Kewarganegaraan.

Pertemuan berlangsung di ruang rapat Ditjen Bimas Katolik lantai 12 Kantor Kementerian Agama.

KENDAL: Terobosan Baru Nih, Calon Pengantin Wajib Mempunyai Serifikat Elsimil

Bimas Katolik Gelar Pertemuan dengan KWI dan Mitra Kerja

Photo :
  • kemenag.go.id
Dirjen Bimas Katolik , Suparman msngatakan, pertemuan pihaknya dengan KWI dan mitra lainnya ini penting, agar kebijakan Menag terkait layanan KUA dapat dipahami dengan baik dan benar oleh umat Katolik.

"Beberapa hal penting dirumuskan dalam pertemuan ini, antara lain bahwa gagasan KUA melayani semua agama dapat dipahami dan diterima. Sebab, sejatinya, tugas negara melayani masyarakat tanpa diskriminasi. Ditegaskan juga bahwa Kemenag tidak mencampuri urusan internal Gereja Katolik," sebut Suparman.

Suparman menambahkan, kehadiran KUA bagi umat Katolik, tidak mengurangi peran Gereja Katolik.
Halaman Selanjutnya
img_title