Sosrokartono, Kakak Kandung R.A. Kartini: Jurnalis Pejuang Kemerdekaan yang Terlupakan

Sosrokartono
Sumber :
  • Jancokiah

Malang, WISATA - Hari Pers Nasional tahun ini menjadi momen tepat untuk mengenang kembali jasa Raden Mas Panji Sosrokartono, seorang jurnalis, pejuang kemerdekaan, dan kakak kandung R.A. Kartini. Sosoknya sering terlupakan di tengah gemerlap nama-nama pahlawan lainnya, namun perannya dalam dunia jurnalisme dan perjuangan kemerdekaan Indonesia tak dapat dipungkiri.

9 Orang Sukses di Dunia yang Memulai Kehidupannya dari Nol setelah Jatuh Bangun

Masa Kecil dan Pendidikan Sosrokartono

Raden Mas Panji Sosrokartono lahir di Jepara pada tanggal 10 April 1877. Sosrokartono merupakan putra dari Raden Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara, dan Ngasirah. Sosrokartono merupakan kakak kandung dari Raden Adjeng Kartini, pahlawan nasional yang terkenal dengan perjuangannya dalam emansipasi wanita.

Rumi - "Jangan Berduka. Apa Pun yang Hilang Darimu Akan Kembali dalam Bentuk Lain."

Sejak kecil, Sosrokartono menunjukkan kecerdasan yang luar biasa. Ia dikaruniai kemampuan untuk menguasai bahasa dengan mudah. Pada usia 7 tahun, Sosrokartono mulai belajar bahasa Belanda di sekolah dasar khusus anak-anak Eropa di Jepara.

Pendidikan:

  • Europeesche Lagere School (ELS): Sosrokartono menyelesaikan pendidikannya di ELS pada tahun 1892.
  • Hogere Burgerschool (HBS): Setelah lulus dari ELS, Sosrokartono melanjutkan pendidikannya di HBS Semarang. Di HBS, Sosrokartono mempelajari berbagai ilmu pengetahuan umum dan bahasa, seperti bahasa Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan Latin.
  • Technische Hoogeschool te Delft: Sosrokartono kemudian melanjutkan pendidikannya di Technische Hoogeschool te Delft (sekarang Universitas Teknologi Delft) di Belanda. Di sana, Sosrokartono mempelajari ilmu teknik.
Makna Kutipan Jalaluddin Rumi "Di Tempat yang Gelap, Jadilah Cahaya"

Selama di Belanda, Sosrokartono aktif dalam berbagai organisasi pergerakan nasional, seperti Indische Partij dan Perhimpunan Indonesia. Sosrokartono juga aktif dalam dunia jurnalistik dan menerbitkan berbagai artikel yang kritis terhadap pemerintah kolonial Belanda.

Halaman Selanjutnya
img_title