Platform Inaexport Sediakan Informasi Peluang Pasar dan Cara Terbaik Masuk Pasar Jepang
- IG/inaexport
WISATA – Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Arief Wibisono mengadakan Webinar “How to Enter Japanese Market for Newcomers” yang diikuti oleh 117 pelaku usaha secara daring pada Rabu (17 Jan). Webinar ini sebagai bentuk layanan platform Inaexport dalam menyediakan informasi peluang pasar terkini dan cara terbaik masuk pasar Jepang langsung dari pelaku usaha Jepang.
Selanjutnya, disampaikan pula bahwa Jepang merupakan 3 besar negara tujuan ekspor bagi Indonesia. Berbagai produk potensial, khususnya yang dihasilkan para pelaku UKM, berpeluang untuk masuk pasar ini. Narasumber pada kegiatan ini yaitu CEO PT Kasane International, Yoshio Yokobori yang memaparkan berbagai peluang, tantangan, langkah, tips, dan kisah sukses memasuki pasar Jepang.
Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dengan Japan External Trade Organization (JETRO). JETRO adalah badan organisasi terkait dengan pemerintah Jepang yang bekerja untuk mempromosikan hubungan perdagangan dan investasi antara Jepang dengan negara-negara di dunia. Turut hadir dalam kesempatan ini Vice President JETRO Jakarta, Seiko Kazumi dan jajarannya.
Perlu diketahui bahwa Inaexport adalah platform direktori bisnis ke bisnis (B2B) resmi dari Pemerintah Indonesia. Ini adalah produk media digital yang mempromosikan produk ekspor unggulan dari pengusaha Indonesia, sehingga mereka dapat lebih mudah menjangkau pembeli asing. Inaexport adalah platform resmi Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.
Dimana tujuan platform ini adalah:
- Menghubungkan pemasok Indonesia dengan pembeli di seluruh dunia.
- Mempromosikan perusahaan dan produk Indonesia secara online untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
- Menyediakan berita perdagangan Indonesia yang terbaru untuk pemasok dan pembeli.
Melalui platform inaexport, pembeli akan mendapatkan berbagai pilihan produk terbaik serta berbagai pilihan pemasok yang bersertifikat. Inaexport juga menawarkan layanan pendukung yang komprehensif seperti mengirim pertanyaan, fungsi obrolan dengan pemasok, dan pencocokan bisnis, baik offline maupun online, untuk memberikan akses mudah dalam menjelajahi peluang perdagangan di Indonesia.
Untuk perusahaan pemasok Indonesia yang telah memenuhi persyaratan dan kepatuhan ekspor, mereka dapat mendaftarkan profil perusahaan mereka di platform Inaexport.id dan ditemukan oleh pembeli di seluruh dunia². Melalui platform Inaexport, profil perusahaan dan produk dapat diakses secara online oleh pembeli dan perwakilan perdagangan di seluruh dunia.
Sumber : inaexport.id. kemendag.go.id