Etnaprana, Tren Wellness Asli Indonesia yang Semakin Diminati

Essensial Oil Spa
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta, WISATAWellness, atau gaya hidup sehat, semakin diminati oleh masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan dan kesejahteraan. Selain itu, pemerintah juga telah memberikan perhatian yang lebih besar terhadap pengembangan wellness, termasuk wellness asli Indonesia, yaitu etnaprana.

Ingin Awet Muda dan Panjang Umur, Berikut Resepnya

Etnaprana adalah wellness yang berakar pada budaya dan tradisi Indonesia. Wellness ini menggabungkan berbagai elemen, seperti yoga, meditasi, pengobatan tradisional, dan tarian. Etnaprana memiliki berbagai manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Setidaknya sudah ada empat lembaga yang berfokus pada pengembangan etnaprana di Indonesia saat ini, yaitu:

  • IWMA (Indonesia Wellness Master Association), yang berfokus pada pengembangan standar dan kompetensi bagi praktisi wellness.
  • IWSPA (Indonesia Wellness Spa Profesional Association), yang berfokus pada pengembangan industri spa yang berbasis wellness.
  • WHEA (Wellness Healthica Entrepeuner Associataion), yang berfokus pada pengembangan kewirausahaan di bidang wellness.
  • Essentia Spa Academy, yang berfokus untuk menyiapkan para tenaga profesional di bidang wellness khususnya spa.
UMKM Indonesia di Luar Negeri: Potensi Besar dan Tantangan yang Menanti

Berbagai langkah dan terobosan yang dilakukan oleh keempat lembaga tersebut telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya etnaprana. Selain manfaat kesehatan, program etnaprana juga telah memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat yang terlibat dalam kegiatan etnaprana.

Etnaprana sebagai Tren Wellness Masa Depan

Etnaprana: Kaya Manfaat Pare, Tanaman Ajaib dalam Budaya Wellness Indonesia

Etnaprana memiliki potensi untuk menjadi tren wellness masa depan di Indonesia. Hal ini didukung oleh beberapa faktor, antara lain:

Halaman Selanjutnya
img_title