Mengejutkan, Nilai Ekonomi Wellness Indonesia Rp400 triliun Tahun 2022, Global Tembus $5,6 Triliun

Wonderful Indonesia
Sumber :
  • Kemenparekraf

Jakarta, WISATA - Riset terbaru dari Global Wellness Institute (GWI) mengungkapkan pasar wellness yang melonjak pasca pandemi: tumbuh 12% per tahun sejak 2020 dan mencapai nilai 14% lebih tinggi dari rekor tahun sebelumnya yaitu 2019. Dengan momentum yang kuat, pasar ini diperkirakan tumbuh 52% lagi pada tahun 2027. Global Wellness Institute (GWI) adalah sebuah organisasi nirlaba (501(c)(3)) yang berfokus pada pemberdayaan wellness di seluruh dunia

Inilah Tren Kategori Konten Internet yang Paling Banyak Diakses di Indonesia Tahun 2024

Pasar Wellness Bangkit Lebih Kuat dari Perkiraan

Krisis ekonomi akibat pandemi tidak mematikan industri wellness. Sebaliknya, penelitian GWI menunjukkan industri ini justru mengalami pemulihan yang kuat. Jika pada tahun 2019 pasar wellness mencapai rekor $4,9 triliun, lalu menyusut 11% menjadi $4,4 triliun pada tahun 2020, penelitian terbaru mengindikasikan bahwa pasar wellness telah bangkit dengan melawan tren ekonomi secara umum. Pasar ini tumbuh 27% sejak 2020 hingga mencapai $5,6 triliun, dengan 7 dari 11 sektor wellness kini melampaui nilai pra-pandemi 2019.

Mitos atau Fakta Krupuk Emping Melinjo Bisa Memicu Asam Urat

Meningkatnya kesadaran masyarakat, dunia medis, dan pemerintah terhadap pentingnya pencegahan dan gaya hidup sehat, menjadi pendorong utama pertumbuhan pasar wellness. GWI memperkirakan, pasar ini akan tumbuh dengan kecepatan 8,6% per tahun hingga 2027, dan mencapai nilai $8,5 triliun - hampir dua kali lipat dari ukurannya pada tahun 2020.

"Ketahanan dari ekonomi wellness global dan kecepatan pemulihannya dari pandemi sungguh mengejutkan, bahkan melampaui ekspektasi dan perkiraan kami sendiri," ujar Katherine Johnston, peneliti senior GWI. "Pandemi memang mengganggu momentum industri dalam jangka pendek, namun di sisi lain, ia juga menciptakan perubahan dramatis dalam peluang dan lintasan jangka panjang untuk pasar wellness."

Mitos atau Fakta, Mengkonsumsi Petai Menyebabkan Badan Pegal-pegal dan Darah Tinggi

The Global Wellness Economy: Indonesia

Di Indonesia, GWI memiliki mitra strategis, yaitu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kerjasama ini bertujuan untuk mempromosikan Indonesia sebagai destinasi wellness global.

Halaman Selanjutnya
img_title