INFO HAJI: Cara Mencuci Pakaian Saat Berhaji di Tanah Suci? Tenanggg…..Semua Sudah Disiapkan….

Mencuci Pakaian Menjadi Rutinitas Jemaah Haji
Sumber :
  • Maman Abdurahman

Makkah, WISATA – Mencuci pakaian sendiri merupakan kegiatan yang biasa dilakukan para jemaah haji Indonesia. Kegiatan yang satu harus menjadi rutinitas bagi para jemaah haji Indonesia baik di Madinah atau di Makkah.

INFO HAJI 2024: Ini Daftar Lokasi Penempatan Hotel Jemaah Haji Indonesia di Makkah dan Madinah

Begitu pun bagi bagi jemaah haji Indonesia tahun 2023. Tahun ini merupakan pertama kalinya, Indonesia mengirim jemaah haji secara penuh pascapandemi Covid-19. Karena itulah, jemaah haji pun terlihat penuh sesak.

Di Madinah, hotel atau penginapan tidak memfasilitasi jemaah haji untuk mencuci dan menjemur pakaian sendiri.  Jika pun dipaksakan, jemaah haji bisa mencuci dan menjemur hanya pakaian dalam. Itu pun hanya bisa dilakukan di dalam kamar mandi.

INFO HAJI 2024: Cuaca Arab Saudi Panas, Pas Puncak Haji Bisa Capai 50 Derajat Celsius

Meskipun demikian, pengalaman kami di Hotel Royal Madinah, petugas Cleaning Service hotel menawarkan jasa untuk membatu mencucikan pakaian jemaah haji melalui laundry di luar hotel.

Berapa biayanya?

INFO HAJI 2024: Tips Menjaga Kesehatan bagi Jemaah Sebelum Berangkat Haji agar Tetap Sehat dan Bugar

"Sekitar Rp100 ribu untuk tiga kilogram." kata Pak Nurdin, jemaah haji asal Kramat Jati, Jakarta Timur, yang pernah menggunakan jasa laundry melalui petugas kebersihan hotel.

Lain lagi di Makkah, di hotel tempat kami menginap, hotel memfasilitasi jemaah haji untuk mencuci pakaian sendiri. Hotel Burj Al Wahdah Al Mutamayyiz Tower 2, tempat kami menginap, menyediakan sekitar 13 mesin cuci dua tabung.

Halaman Selanjutnya
img_title