INFO HAJI 2024: Gimana Kalau Bertemu Jemaah yang Terpisah dari Rombongan di Masjidil Haram?

Jemaah Haji Gelombang 2 di Bandara Jedah
Sumber :
  • kemenag.go.id

Makkah, WISATA – Mengacu pada data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama RI, hingga Jumat (31/5/2024), jumlah jemaah haji Indonesia yang sudah tiba di Makkah mencapai 139.458 orang.

Mereka tergabung dalam 360 kelompok terbang (kloter).

Di Makkah, jemaah haji Indonesia menempati 170 pemondokan yang tersebar di lima wilayah, yaitu Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan Rei Bakhsy.

Seiring bertambahnya jumlah jemaah yang memasuki kota Makkah, Masjidil Haram yang menjadi pusat destinasi pun, semakin padat.

Di tengah kepadatan Masjidil Haram, seringkali ditemukan jemaah haji Indonesia yang terpisah dengan rombongan.

"Biasanya, jemaah yang terpisah rombongan ini, adalah mereka yang lanjut usia," ungkap Kepala Daerah Kerja Makkah, Khalilurrahman di Makkah, Sabtu (1/6/2024).

83 % Jemaah Haji Indonesia yang Wafat dalam Ibadah Haji Tidak Miliki Izin Resmi

Kadaker Makkah, Khalilurrahman Bersama Jemaah Haji di Masjidil Haram

Photo :
  • kemenag.go.id
"Nah, kalau bertemu dengan hal semacam ini, kita petugas maupun jemaah yang lebih muda, wajib untuk membantu," imbuhnya.

Menurut Khalil, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membantu para jemaah haji yang terlepas dari rombongan di Masjidil Haram.

"Pertama, pastikan kita tahu arah dan menguasai areal Masjidil Haram. Kenali pintu-pintu atau pun spot utama Masjidil Haram," pesan Khalil.
Halaman Selanjutnya
img_title