INFO HAJI 2024: Alhamdulillah, Jumlah Jemaah Haji yang Sakit di Madinah, Menurun

Dokter dan Petugas Kesehatan di KKHI Madinah Layani Jemaah
Sumber :
  • kemenag.go.id

Madinah, WISATAJemaah haji Indonesia yang saat ini menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, menunjukkan tren penurunan.

Hingga hari Minggu (26/5/2024), ada tiga jemaah yang masih dirawat inap dan terus berangsur pulih kondisinya.

“Ini berita baik buat kita, banyak pasien yang sudah sehat. Kemarin, total jemaah yang dirawat di atas 10 orang, tapi hari ini, kami pulangkan lumayan banyak,” kata dr. Adhita, Sp.PD, saat dimintai keterangan di KKHI Madinah, Minggu (26/5/2024).

Ia melanjutkan, sebagian besar jemaah haji Indonesia yang dirawat, mengalami keluhan demam dan kelelahan.

“Ada yang tersesat juga. Namun untuk kasus-kasus yang gawat darurat tentu tidak dirawat di sini, tapi dirawatnya di Rumah Sakit Arab Saudi. Masih ada beberapa, mereka masih belum bisa dipulangkan, namun tetap kita pantau semua,” terang dr. Adhita.

Bagi jemaah yang belum dapat dipulangkan hingga akhir masa pendorongan ke Makkah, mereka akan dibadalkan.

“Memang ada jemaah yang tetap dirawat di sana, misalnya pasien-pasien yang membutuhkan ventilator, otomatis tidak mungkin akan dipulangkan sampai ada perbaikan kondisi atau perkembangan lebih lanjut,” jelasnya.

Jelang puncak haji, kata dr. Adhita, Tim Kesehatan dari Madinah akan berpindah ke Makkah untuk memperkuat pelayanan di KKHI Makkah.

“Kemungkinan kami akan berpindah ke KKHI Makkah sekitar tanggal 2 atau 3 Juni. Kemudian kami masuk ke dalam tim jaga KKHI Makkah untuk memperkuat pelayanan di sana,” pungkasnya.

Ditambahkannya, tim KKHI Madinah masih tetap melakukan pemantauan kondisi jemaah haji yang dirujuk di Rumah Sakit Arab Saudi.

“Kalau kondisinya ternyata membaik, sementara dari tim KKHI Madinah sudah berpindah, maka jemaah yang sakit akan ditransfer, misalnya dari Rumah Sakit King Fahad Madinah ke Rumah Sakit King Fahad yang ada di Makkah juga,” tandasnya.

Sejak dimulainya operasional penyelenggaraan haji tahun ini, KKHI Madinah telah menerima 396 jemaah haji dengan berbagai keluhan.

Sebanyak 135 di antaranya menjalani rawat inap dan selebihnya hanya rawat jalan serta poliklinik.

dr. Adhita menambahkan, ada seorang jemaah haji yang akan dipulangkan dari KKHI Madinah pada 27 Mei 2024.

(Sumber: kemenag.go.id)

INFO HAJI 2024: Sekali Lagi, Jangan Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi, Bisa Kena Denda Rp25 Juta