Pj Gubernur Bahtiar Dukung Pelaku IKM Kacang Mete Tingkatkan Produksi

Pj Gubernur Sulsel Kunjungi IKM Kacang Mete
Sumber :
  • sulselprov.go.id

Makassar, WISATA - Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, melakukan kunjungan ke pelaku industri mete PT. Bunly Abadi Bersama, di Kompleks Perdos Unhas Blok H-20 Tamalanrea, Minggu, 29 Oktober 2023.

Sukseskan Program Ketahanan Pangan, Ribuan Benih Ikan Ditebar di Danau Tempe

Industri Kecil Menengah (IKM) ini telah memproduksi 1 ton mete untuk dijual mentah dan olahan dengan merek Bunly. Selain dipasarkan di Sulawesi Selatan, juga diekspor ke mancanegara.

"Produknya sangat bagus kualitasnya, termasuk pengemasannya. Ini juga sudah diekspor. Tentu pemerintah mendukung kegiatan usaha dari pelaku industri kecil menengah kita," ucap Bahtiar.

Pj. Gubernur Sulsel Jajaki Budidaya Pisang Cavendish di Lahan PTPN

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri RI ini kemudian membeli produk tersebut. Ia menyampaikan ke pemilik usaha akan memberikan dan memperkenalkan produknya ke Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

"Pak Tito itu suka produk kacang mete, kita perkenalkan yang dari Sulsel," imbuhnya.

Sulawesi Selatan dan Rumah Sakit Baru yang Segera Beroperasi

Ia pun berdiskusi dengan dengan pemilik usaha terkait potensi, kendala dan juga masukan ke Pemprov Sulsel. Termasuk untuk mengakomodir memfasilitasi dengan bantuan KUR untuk scale up atau peningkatan produksi.

Pemilik usaha, Lly Nuryah menjelaskan produknya lebih banyak penjualan dengan ukuran kemasan dan banyak diminati dengan berbagai varian rasa. Bukan hanya enak dan gurih, juga sehat. Kacang mete tidak mengandung kolesterol. Pengolahan di tempatnya dilakukan dengan cara khusus.

Halaman Selanjutnya
img_title