GUNUNG LAWU: 1.100 Hektar Hutan Lindung Gunung Lawu Terbakar, Polisi Kejar Pembakar Hutan

1.100 Hektare Hutan Lindung Gunung Lawu MasihTerbakar
Sumber :
  • tvonenews.com/miftakhul erfan

Ngawi, WISATA Kebakaran hutan lindung di Gunung Lawu, belum juga bisa dipadamkan.

Direskrimsus Polda Jawa Timur bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Ngawi, melakukan pemantauan dan assessment karhutla dari Udara, Senin (2/10/2023).

Kapolres Ngawi, AKBP Argowiyono mengatakan, hasil dari pemantauan udara, kebakaran masih terjadi dan meluas ke wilayah Magetan hingga Karanganyar, Jawa Tengah.

Sementara total luasan lahan yang terbakar, dari data akumulasi mencapai 1.100 hektare.

“Total luasan lahan yang terbakar dari data akumulasi sejak tanggal 30 Agustus hingga 2 Oktober 2023 sore ini ada 1.100 hektare, sedangkan kasus terakhir per tanggal 29 September hingga hari ini, ada 400an hektare," terang Argo.

Argo menambahkan, untuk mempercepat penanganan kebakaran tersebut, mulai hari ini (Senin - red.), sebanyak 750 relawan gabungan TNI-Polri, BPBD dan warga dikerahkan untuk melakukan pemadaman manual di 5 titik dan difokuskan membuat sekat bakar.

Selain itu, BNPB Provinsi Jawa Timur juga telah membantu penanganan kebakaran hutan dengan melakukan pemadaman dari udara (water booming) dengan menggunakan pesawat helikopter.

“Memang besok, rencana proses pemadaman juga dilakukan dengan cara water booming via pesawat helikopter, yang kini masih melengkapi administrasi dan survei pengambilan air dari telaga Sarangan, Magetan," imbuhnya.

“Kami masih melakukan pengembangan terkait pelaku, apakah ini disengaja maupun tidak disengaja. Karena kita berpatokan, apakah itu lalai atau sengaja, masing-masing mempunyai konsekuensi hukum,” tutup Argo.

(Sumber:tvonenews.com)Nga

10 Rekomendasi Destinasi Wisata di Magetan Jawa Timur yang Nganenin