Krisis Air Bersih Menghantui Desa-desa di Kecamatan Salem, Brebes

Penyaluran Bantuan Air Bersih di Kecamatan Salem, Brebes
Sumber :
  • Handoko/istimewa

Brebes, WISATA - Akibat kemarau yang berkepanjangan, desa-desa yang terletak di Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kini mengalami kesulitan serius dalam memperoleh pasokan air bersih. Hal ini menjadi suatu ironi mengingat sebagian besar wilayah Kecamatan Salem merupakan daerah pegunungan yang ditutupi oleh hutan.

Solidaritas Masyarakat Lokal Bantu Ringankan Beban Korban Bencana di Salem

Menurut Wartono, Komandan Relawan Bangbara Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, setidaknya lima desa telah melaporkan kesulitan air bersih tahun ini, yaitu Desa Salem, Banjaran, Ganggawang, Bentar, dan Pabuaran. Meskipun permasalahan kekeringan hanya terjadi secara sporadis di beberapa desa, dampaknya dirasakan sangat signifikan oleh warga setempat.

 

RESEP: Sajian Sedap dari Pantura, Coba yuk 5 Resep Khas dari Pesisir Utara Jawa Tengah!

Penyaluran Bantuan Air Bersih di Kecamatan Salem, Brebes

Photo :
  • Handoko/istimewa

Koko dari Relawan Bagana Banser mengungkapkan, "Saluran pipa air bersih ke rumah-rumah warga kini kering, karena sumber mata air di hutan mengalami kekeringan. Warga yang mengandalkan sumur juga mengalami masalah kualitas air yang jelek dan tercemar."

Kebakaran Bromo Sudah Padam, Imbas Kesulitan Air dan Kerusakan Lingkungan Masih Dirasakan oleh Warga

Krisis air bersih di Kecamatan Salem sudah berlangsung selama tiga minggu terakhir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes telah mengirimkan satu tangki air sebagai upaya bantuan. Selain itu, beberapa calon anggota legislatif yang akan bertarung pada pemilu 2024 juga memberikan bantuan.

Upaya penyaluran bantuan dilakukan melalui berbagai organisasi relawan dan lembaga, termasuk Bangbara, Banser, Tagana, BGS, Pemerintah Desa, dan TNI-Polri.

Halaman Selanjutnya
img_title