Presiden Jokowi Ajak Investor Singapura Berinvestasi di Ibu Kota Nusantara

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • https://www.presidenri.go.id/siaran-pers

WisataJakarta, Presiden Joko Widodo mengajak para investor Singapura untuk menanamkan modalnya dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut Presiden, ini merupakan kesempatan emas bagi para investor untuk menjadi bagian dari pembangunan kota pintar masa depan yang berbasis alam.

Inflasi Indonesia Terkendali di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

"Saya sarankan Anda untuk tidak menunggu terlalu lama. Ini adalah kesempatan emas yang sangat menarik di Indonesia dan Anda bisa menjadi bagian di dalamnya," ucap Presiden Jokowi dalam pidatonya pada Ecosperity Week 2023 yang digelar di Sands Expo and Convention Center, Singapura, pada Rabu, 7 Juni 2023.

Presiden menekankan bahwa Nusantara merupakan tempat yang nyaman, baik untuk berbisnis maupun sebagai tempat tinggal. Saat ini, pembangunan IKN sudah dimulai dengan pembangunan infrastruktur dasar dan pusat pemerintahan yang ditargetkan akan selesai tahun depan.

Spekulasi Liar Penyebab Mundurnya Kepala Otorita IKN

"Untuk sektor swasta, pada tahap awal, kami telah menyiapkan 300 paket investasi dengan total nilai USD2,6 miliar di berbagai bidang seperti perumahan, transportasi, energi, teknologi, dan bidang lainnya," lanjutnya.

Lebih lanjut, Presiden menyatakan komitmen Indonesia dalam pengembangan energi hijau dan industri hijau. Hal tersebut diwujudkan dengan pembangunan persemaian di dua lokasi berbeda di Tanah Air sebagai langkah awal pengembangan Nusantara.

Menjadi PLT Kepala Otorita IKN, Ini Tugas Berat Basuki Hadimuljono

"Persemaian dengan kapasitas 16 juta bibit per tahun di Rumpin dan 15 juta bibit per tahun di Mentawir," kata Presiden.

Selain itu, Presiden meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam energi baru terbarukan, mencapai 434 gigawatt dari geotermal, angin, surya, biofuel, dan hidro. Presiden menyebut Indonesia memiliki 4.400 sungai dengan potensi besar seperti Sungai Kayan di Pulau Kalimantan yang menjadi sumber energi hijau bagi Kawasan Industri Hijau di Kalimantan Utara.

Halaman Selanjutnya
img_title