KARANGANYAR, Perkuat Identitas Budaya Melalui Seni Pertunjukan

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • infopublik.id

Karanganyar, WISATA – Saat menghadiri Workshop KaTa Kreatif Kabupaten Karanganyar di Gedung Kebudayaan, Kamis kemarin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa program KaTa Kreatif yang dihadirkan Kemenparekraf diharapkan dapat memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Kabupaten Karanganyar, khususnya dalam pengembangan subsektor seni pertunjukan

Acara East Java Fashion Harmony Kembali Masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN).

Menparekraf Sandiaga Uno juga mengapresiasi pemilihan subsektor seni pertunjukan sebagai lokomotif pembangunan sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. "Saya mengapresiasi Kabupaten Karanganyar yang telah memilih subsektor seni pertunjukan sebagai lokomotif dari pembangunan sektor ekonomi kreatif di Kabupaten Karanganyar. Kita lihat bagaimana optimisme dari pelaku ekonomi kreatif yang dituangkan dalam bentuk kreasi-kreasi seni pertunjukan yang dihadirkan," kata Menparekraf Sandiaga.  

Workshop KaTa Kreatif merupakan program unggulan Kemenparekraf yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, inovasi, dan jiwa kewirausahaan. Sehingga para peserta, dalam hal ini pelaku ekraf Kabupaten Karanganyar dapat berkarya dengan bekal materi kreativitas, pemodelan bisnis, promosi digital, pengelolaan keuangan, serta akses permodalan.

Hadiri Pameran AKI Terpilih dari Blitar, Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Tingkatkan Inovasi

Kegiatan workshop sendiri diisi oleh narasumber seorang Event Director Yayasan Solo Batik Carnival Ade Sugriwa untuk berbagi pengalaman dan memberi materi tentang pemasaran dan manajerial modal usaha sehingga dapat memperbaiki harga produk untuk penguatan ekosistem ekonomi kreatif di Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan itu diharapkan dapat mendorong kolaborasi yang lebih kuat antara pentahelix ekonomi kreatif (ABCGM) dengan cara mendorong subsektor unggulan menjadi penghela bagi subsektor ekraf lainnya atau sektor lapangan usaha lainnya. Sehingga dapat memperkuat peran pelaku ekosistem ekonomi kreatif daerah agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah.

Presiden Bantah Adanya Bantuan Sosial (Bansos) untuk Korban Judi Online

Untuk itu Sandiaga berharap para local champion di Kabupaten Karanganyar dapat menghadirkan pertunjukan atau festival yang mengangkat isu keberlanjutan. 

Selain seni pertunjukan, Kabupaten Karanganyar juga telah menetapkan pertanian dan pariwisata sebagai unggulan. Dengan begitu pariwisata dan ekonomi kreatif di Karanganyar dapat berdiri dengan mandiri dalam mendukung terciptanya peluang usaha dan penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title