Hadiah HUT RI ke-78, Jakarta – Bandung Naik Kereta Cepat

Jakarta – Bandung, Sebentar lagi Naik Kereta Cepat, Yuuukkkk....
Sumber :
  • kcic.co.id

WISATA, Jakarta - Pada HUT ke-78 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023,  masyarakat Indonesia bakal mendapatkan kado istimewa, yakni pengoperasian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

KERETA CEPAT: Strategi KCIC Cegah Spekulan Tanah di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Persiapan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sudah dilakukan beberapa kali. Rangkaian KCJB telah melakukan hot sliding test di jaringan overhead catenary system (OCS) KCJB selama dua hari berturut-turut, yaitu pada hari Jumat (19/05/2023) dan Sabtu (20/05/2023).  

Sejak 15 Mei, juga dilakukan uji coba tahap awal atau test commissioning. Tes itu dilakukan untuk melihat kesiapan semua sarana dan prasarana KCJB yang telah dibangun.

HUT ke-78 RI : Terpilih Jadi Paskibra, Ini 4 Anak Artis yang Mengharumkan Nama Orang Tua dan Bangsa

Di tahap awal tes commissioning, baru dimulai persiapan-persiapan berupa pengujian integrasi sistem sarana, prasarana, fixed asset, seperti signalling, telecomunication, catenary, operation control center (OCC), depo dan stasiun. Tes commissioning adalah salah satu bagian yang sangat penting dalam rencana pengoperasian KCJB.

Berdasarkan evaluasi dari hot sliding test pada hari pertama, pengetesan KCJB berjalan lancar. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan comprehensive inspection train (CIT) atau kereta inspeksi di hari kedua untuk kembali memastikan kesiapan seluruh jaringan OCS.

SEMARANG: Sasar Kaum Milenial, Digelar Townhall Muda Fest “Kita Muda, Kita Masa Depan”

"Kali ini hot sliding test dilakukan dengan menggunakan rangkaian kereta inspeksi yang dijalankan dari Depo Tegalluar hingga ke Stasiun Halim dengan kecepatan terbatas rata-rata 60 kilometer per jam," ujar Manager Corporate Communication PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Emir Monti pada Sabtu (20/05/2023).

 

Halaman Selanjutnya
img_title