LUMAJANG: Kembangkan Ekonomi yang Adil dengan Sidang Tera dan Tera Ulang Tanpa Biaya

Program Sidang Tera dan Tera Ulang di Lumajang
Sumber :
  • portalberita.lumajangkab.go.id

Lumajang, WISATA – Unit Metrologi Legal Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur meluncurkan Program Sidang Tera dan Tera Ulang.

Program Sidang Tera dan Tera Ulang dilakukan untuk mendukung pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Mulai tahun 2024, Program Sidang Tera dan Tera Ulang tersebut dibebaskan dari biaya retribusi.

Langkah ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada pelaku usaha untuk memeriksa alat ukur mereka tanpa tambahan biaya.

Tujuannya, untuk memastikan alat-alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP) yang digunakan para pelaku usaha memenuhi standar yang ditetapkan.

Keakuratan alat ukur sangat penting untuk membangun kepercayaan konsumen serta mencegah ketidakadilan dalam transaksi, baik di pasar tradisional maupun modern.

"Ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah, serta memastikan setiap transaksi berjalan dengan akurat. Masyarakat tidak perlu ragu lagi, karena semua layanan ini kami sediakan secara gratis," ujar seorang petugas dari Unit Metrologi Legal Lumajang, Tedjo Herwijanto, pada hari Minggu (20/10/2024).

Tedjo menambahkan, program bebas retribusi tersebut, diharapkan bisa memotivasi para pelaku usaha di Kabupaten Lumajang untuk secara rutin menera ulang alat ukur mereka.

"Langkah ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi UMKM, tetapi juga menciptakan rasa aman dan kepercayaan kepada konsumen bahwa transaksi yang dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," imbuhnya.

Inisiatif tersebut merupakan wujud nyata dukungan pemerintah daerah dalam membangun ekonomi yang berintegritas, memastikan setiap alat ukur di pasar memenuhi standar demi menciptakan keadilan dan perlindungan konsumen, sehingga ekosistem bisnis di Lumajang semakin sehat dan berkelanjutan.

(Sumber: portalberita.lumajangkab.go.id)

Indonesia Perkuat Dukungan untuk Kemerdekaan Palestina di Era Prabowo-Gibran